Breaking News:

Pandemi Covid-19 Sebabkan Banyak Pengangguran, Insan Medika Tawarkan Solusi lewat Pelatihan

Selain memperoleh pekerjaan, peserta Insan Medika Academy akan memperoleh sertifikat yang bisa digunakan untuk mendaftar pekerjaan di luar negeri.

DOK. Humas Insan Medika
Insan Medika menyediakan layanan home care dan care giver bagi pasien yang membutuhkan. Selain itu, terdapat pula program pelatihan satu bulan untuk menjadi caregiver, baby sitter, atau governess. 

TRIBUN-JOGJA.comCaregiver atau asisten perawat mungkin merupakan pekerjaan yang masih awam di telinga masyarakat Indonesia. Meski demikian, kehadiran profesi ini sangat dibutuhkan.

Berbeda dengan perawat, caregiver memiliki tugas yang fokus pada kebutuhan dasar pasien. Contohnya memberi makan pasien, memandikan pasien, mengatur jadwal minum obat, mengukur tensi tubuh, dan aktivitas-aktivitas lain tanpa unsur medis.

Menurut data dari Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker), di Indonesia, profesi caregiver sangat dibutuhkan, karena hanya lima persen tenaga kerja yang diserap masuk ke pasar luar negeri.

Dari banyaknya negara dalam bursa perekrutan caregiver asal Indonesia, Jepang menjadi salah satu yang paling konsisten.

Sehubungan dengan hal tersebut, Insan Medika menyediakan platform layanan kesehatan di rumah yang membantu pengguna jasa atau pasien untuk memperoleh perawat home care atau caregiver secara daring.

Layanan home care Insan Medika tersebut fokus pada perawatan pasien selama 24 jam. Kondisi pasien untuk perawatan pun bervariasi, mulai dari lansia, pascastroke, hingga pasien dengan alat medis.

Perlu diketahui, Insan Medika merupakan perusahaan home care yang berbasis di Jakarta. Selain menyediakan layanan home care, Insan Medika juga menyediakan layanan pelatihan untuk menjadi caregiver.

Saat ini, Insan Medika sedang membuka kursus pelatihan dan penyaluran kerja caregiver untuk peserta lulusan SMA sederajat di Kota Yogyakarta dan Kediri, Jawa Timur.

Perusahaan ini didirikan pada 2013 dan telah merekrut lebih dari 2.000 perawat dan melayani lebih dari 3.000 pasien di berbagai kota besar di Indonesia.

Pada 2014, Insan Medika membuka kantor cabang baru yang berlokasi di Kota Yogyakarta.

Halaman
123
Penulis: AMALIA PURNAMA SARI
Editor: AMALIA PURNAMA SARI
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved