Breaking News:

Kabupaten Bantul

KPU Bantul Usulkan Pengangkatan Halim-Joko ke DPRD Bantul

KPU Kabupaten Bantul telah menetapkan Abdul Halim Muslih dan Joko B Purnomo sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih 2020.

TRIBUNJOGJA/ Christi Mahatma Wardhani
Ketua KPU Kabupaten Bantul menyerahkan surat keputusan penetapan calon bupati dan wakil bupati terpilih kepada Abdul Halim Muslih dan Joko B Purnomo di Hotel Ros In Bantul, Jumat (22/01/2021) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Christi Mahatma Wardhani

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bantul telah menetapkan Abdul Halim Muslih dan Joko B Purnomo sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih 2020.

Keduanya ditetapkan pada Jumat (22/01/2021) lalu, setelah unggul dengan peroleh suara 305.563 atau 57,22 persen.

Setelah penetapan, tahapan selanjutnya ada usulan pengangaktan calon terpilih.

Ketua KPU Kabupaten Bantul, Didik Joko Nugroho mengatakan sehari setelah penetapan, pihaknya telah menyampaikan usulan pengangkatan kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bantul.

Baca juga: KPU Bantul Tetapkan Abdul Halim Muslih - Joko Purnomo Sebagai Bupati dan Wabup Bantul Terpilih

"Sesuai PKPU 5 Tahun 2020 bahwa setelah penetapan pasangan calon terpilih, maka ada kewajiban KPU untuk menyampaikan usulan pengesahan pengangkatan kepada DPRD Bantul," katanya, Minggu (24/01/2021).

Ada lima berkas yang diserahkan oleh KPU Bantul kepada DPRD Bantul.

Berkas-berkas tersebut adalah salinan Keputusan KPU Bantul tentang Rekapitulasi Hasil Perolehan Suara, salinan Keputusan KPU tentang Penetapan Pasangan Calon Terpilih, Surat Dinas KPU RI tentang Penetapan Pasangan Calon Terpilih Pemilihan Serentak Tahun 2020, dan Surat Mahkamah Konstitusi tentang Keterangan Perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Tahun 2020.

Setelah berkas-berkas tersebut diserahkan, maka tahapan selanjutnya menjadi ranah DPRD Kabupaten Bantul.

"Mekanisme berikutnya menjadi kewenangan DPRD Bantul sepenuhnya, untuk berkonsultasi dengan Biro Tata Pemerintahan DIY,"ujarnya.

Ketua DPRD Kabupaten Bantul, Hanung Raharjo menambahkan pihaknya akan segera menggelar rapat paripurna.

Baca juga: Tak Ada Gugatan Sengketa, KPU Bantul Segera Lakukan Penetapan Paslon Terpilih Pilkada 2020

Setelah itu, pihaknya akan menyanpaikan hasil sidang kepada Mendagri memlalui Gubernur DIY. Hal itu meupakan bagian dari proses persiapan pelantikan.

Hanung juga mengapresiasi kinerja KPU Bantul yang berhasil melaksanakan Pilkada 2020 dengan aman, lancar, dan berkualitas.

Tahapan-tahapan dalam Pilkada pun dilalui dengan baik. 

"Yang perlu diapresiasi juga adala masyarakat, tingkat partisipasi pemilih di Bantul tertinggi se DIY. Meskipun di tengah pandemi COVID-19, masyrakat tetap antusias. Sesuai fungsinya, DPRD Bantul selalu melakukan fungsi pengawasan dan fungsi penganggaran untuk kelancaran pemilihan,"tambahnya. ( Tribunjogja.com )

Penulis: Christi Mahatma Wardhani
Editor: Gaya Lufityanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved