Breaking News:

Jawa

SAH! Sri Mulyani - Yoga Hardaya Ditetapkan KPU Klaten Sebagai Pemenang Pilbup 2020

KPU Klaten resmi menetapkan Sri Mulyani dan Yoga Hardaya sebagai pemenang pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Klaten 2020.

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Almurfi Syofyan
Sri Mulyani - Yoga Hardaya saat menerima SK Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Klaten terpilih dari Komisioner KPU Klaten, Kamis (21/1/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Klaten dalam rapat pleno terbuka, Kamis (21/1/2021), resmi menetapkan Sri Mulyani dan Yoga Hardaya sebagai pemenang pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Klaten 2020.

Pasangan yang diusung oleh koalisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Golongan Karya (Golkar) tersebut ditetapkan memenangi kontestasi Pilbup Klaten 2020 dengan perolehan suara 378.418 atau sebanyak 50.18 persen.

Paslon nomor urut 1 itu, berhasil mengungguli pasangan calon nomor urut 2, One Krisnata - Muhammad Fajri yang hanya mampu meraih 246.579 suara dan pasangan nomor urut 3, Arif Budiyono - Harjanta sebanyak 129.081 suara.

Baca juga: Sebanyak 728 CPNS Pemkab Klaten Akan Terima SK Penetapan

Adapun jumlah suara sah pada Pilbup Klaten 2020 mencapai, 754.078 suara dan jumlah suara tidak sah sebanyak 24.774 suara.

Sementara jumlah suara sah dan tidak sah mencapai 778.852.

Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Klaten, Samsul Huda seusai penetapan mengatakan dasar penetapan calon bupati dan wakil bupati terpilih ini adalah surat keputusan (SK) KPU nomor 363 tentang rekapitulasi perolehan suara yang sudah ditetapkan KPU Klaten pada 15 Desember 2020 lalu.

"Dengan tidak adanya gugatan di MK yang pada pokoknya mengatakan bahwa tidak ada PHPU pada Pilkada Klaten maka KPU Klaten dapat menetapkan calon terpilih," ujarnya saat ditemui seusai rapat pleno tersebut.

Baca juga: Sejak PPKM Diberlakukan, DPMPTSP Klaten Maksimalkan Layanan Online

Menurut Huda, dengan telah dilakukannya penetapan calon Bupati dan Wakil Bupati Klaten pada Pilkada 2020 maka tahapan Pilbup Klaten 2020 di KPU Klaten telah selesai.

"SK dari penetapan hari ini kita serahkan ke DPRD Klaten untuk diusulkan ke Provinsi untuk pelantikan bupati terpilih. Jadi tugas kita (KPU-red) mengantarkan sampai penetapan calon terpilih ini yang mana SK kita jadi dasar bagi DPRD untuk pengusulan bupati terpilih untuk dilantik," imbuhnya.

Disamping itu, Samsul Huda juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh elemen yang terlibat dalam pelaksanaan Pilkada Klaten 2020, karena pemungutan suara berlangsung dengan lancar dan kondusif. ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved