Breaking News:

Pilkada Kota Magelang 2020

KPU Tetapkan Nur Aziz-M Mansyur Sebagai Walikota dan Wakil Walikota Terpilih Kota Magelang

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Magelang resmi memutuskan pasangan Muchamad Nur Aziz-M Mansyur sebagai pemenang

Penulis: Yosef Leon Pinsker
Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA/ Yosef Leon Pinsker
Pasangan Walikota dan Wakil Walikota Magelang terpilih, Muchamad Nur Aziz-M Mansyur bersama perwakilan partai pengusung dan tim pemenangan menyampaikan keterangan kepada wartawan usai rapat umum pleno terbuka penetapan pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Magelang, Kamis (21/1) malam di Hotel Atria. 

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Magelang resmi memutuskan pasangan Muchamad Nur Aziz-M Mansyur sebagai pemenang dalam Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Magelang 2020.

Keputusan itu dinyatakan dalam rapat umum pleno terbuka penetapan pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Magelang, Kamis (21/1/2021) malam di Hotel Atria. 

Penetapan pasangan calon terpilih tertuang dalam Keputusan KPU Kota Magelang bernomor 4/PL.02.7-Kpt/3371/Kota/I/2021 tentang Penetapan Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Terpilih dalam Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Magelang Tahun 2020. 

Baca juga: PTKM Diperpanjang, Wali Kota Magelang: Tunggu Sampai 25 Januari 2021

Baca juga: WHO Kembangkan Beberapa Jenis Calon Vaksin Covid-19 Generasi Baru, Ini Bocorannya

Azis-Mansur yang diusung oleh PKB, Partai Golkar, PKS, dan Partai Demokrat berhasil unggul dengan perolehan suara sebanyak 41.170 atau 60,02 persen.

Sementara pasangan Aji Setyawan-Windarti Agustina hanya mampu meraih sebanyak 27.425 suara. 

Ketua KPU Kota Magelang, Basmar Perianto mengatakan, pihaknya telah menerima Surat Panitera Mahkamah Konstitusi Nomor 165/PAN.MK/01/2021 tertanggal 20 Januari 2021 perihal Keterangan Perkara PHP-Gub/Kab/Kot Tahun 2021 yang diregistrasi di Mahkamah Konstitusi.

Surat tersebut disampaikan melalui KPU RI dan menjadi bagian lampiran Surat Plt Ketua KPU RI Nomor 60/PL.02.7-SD/03/KPU/I/2021 tanggal 20 Januari 2021 perihal Penetapan Pasangan Calon Terpilih Pemilihan Serentak Tahun 2020. 

"Diterimanya surat tersebut menjadi dasar bagi KPU Kota Magelang untuk menyelenggarakan kegiatan Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Magelang Tahun 2020," katanya. 

Dia menambahkan, proses selanjutnya, untuk pengusulan pengesahan pengangkatan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Magelang, KPU Kota Magelang akan menyerahkan dokumen berita acara kepada DPRD Kota Magelang pada hari yang sama setelah pelaksanaan rapat pleno malam ini.

Baca juga: GIPI DIY Lelang Lukisan Maestro Affandi untuk Bantu Korban Bencana di Indonesia

Baca juga: Besok, KPU Gunungkidul Tetapkan Paslon Bupati-Wakil Bupati Terpilih

"Setelah itu, maksimal lima hari DPRD akan mengusulkan pula ke Gubernur Jateng atas nama Mendagri berkaitan dengan pelantikan," ujarnya. 

Sementara, Walikota Magelang terpilih, Azis pada kesempatan yang sama menyampaikan, pihaknya akan berusaha fokus pada realisasi program dan janji yang dicanangkan pada saat kampanye lalu. 

Di sisi lain, dia bersama Wakil Walikota terpilih yakni M Mansyur juga akan berusaha mempercepat proses penanggulangan Covid-19 di wilayah setempat. 

"Satu pekan akan coba kami lakukan 1000 pemeriksaan tes swab dan memperketat pengawasan Prokes. Program kami yang lain seperti dana 30 juta per tahun untuk RT juga pelan-pelan akan coba kami lakukan," imbuhnya. (jsf)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved