Breaking News:

Jawa

Dishub Klaten Terapkan Layanan KIR Berbasis Smart Card

Smart Card merupakan program kebijakan Pemeritah melalui Kementerian Perhubungan yang bertujuan untuk menghindari kecurangan saat uji KIR.

TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Ilustrasi Berita Klaten 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Klaten menerapkan sistem pengganti buku uji kelayakan kendaraan (KIR) dengan sistem Smart Card atau kartu pintar.

Kepala Bidang Angkutan Dishub Klaten, Sapto Widhi mengatakan sistem ini merupakan program kebijakan Pemeritah melalui Kementerian Perhubungan yang bertujuan untuk menghindari kecurangan saat uji KIR.

"Smart Card ini program dari Kementrian dimana buku uji kelayakan kendaraan (KIR) diganti dengan smart card agar terhindar dari kecurangan. Selain itu dengan smart card ini tentunya lebih modern, mudah dan praktis," ujarnya.

Smart Card ini telah dilengkapi dengan data-data identitas kendaraan wajib uji yang meliputi nomor kendaraan, nomor rangka, nomor mesin, dimensi kendaraan serta daya angkut kendaraan.

Baca juga: Pemkab Klaten Maksimalkan Program Jogo Tonggo Awasi Pasien COVID-19 yang Isolasi Mandiri di Rumah

Bagi kendaraan yang telah lulus uji KIR akan mendapatkan sertifikat.

Ia juga mengatakan jika, kebijakan baru ini efektif berlaku mulai 2 Januari 2021.

"Bagi kendaraan yang telah lulus uji KIR akan mendapatkan sertifikat data kendaraan berstiker hologram dengan barcode. Sehigga petugas lapangan yang melakukan pengecekan tinggal mengecek dengan stiker tersebut," imbuhnya.

Jika nantinya ditemukan data berbeda antara isi data smart card dengan fisik di lapangan, atau ada perubahan kendaraan, maka kata Sapto, petugas akan menindaklanjuti dengan proses tilang di lapangan.

"Sistem smart card ini akan mempermudah para petugas dan pengendara dalam uji kelayakan kendaraan atau KIR. Namun yang lebih penting adalah mengurangi kemungkinan terjadinya kecurangan dalam uji kelayakan kendaraan," jelasnya. ( Tribunjogja.com )

Penulis: Almurfi Syofyan
Editor: Gaya Lufityanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved