Breaking News:

Bank Indonesia Targetkan 300 Ribu Merchant di DIY Gunakan QRIS

BI DIY mencatat pertumbuhan penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) di DIY meningkat saat pandemi Covid-19.

Penulis: Santo Ari | Editor: Hari Susmayanti
TRIBUNJOGJA.COM / Yosef Leon Pinsker
Kepala BI KPw DIY, Hilman Tisnawan. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KpW BI) DIY mencatat pertumbuhan penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) di DIY meningkat saat pandemi Covid-19.

KpW BI DIY pun di tahun 2021 ini menargetkan ada 300 ribu merchant yang bertransaksi menggunakan QRIS.  

Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) DIY Hilman Tisnawan menjelaskan bahwa QRIS bermanfaat bagi pembeli dan penjual dalam bertransaksi, mereka tidak perlu menyediakan uang tunai sehingga meminimalisir transaksi uang tunai yang rentan sebagai salah satu media penyebaran Covid-19.

"Dengan QRIS, proses transaksi dapat lebih aman dan tercatat di platform digital yang digunakan," ujarnya Jumat (15/1/2021).

Hilman menyatakan bahwa pihaknya tidak henti-hentinya mengakselerasi transaksi pembayaran menggunakan QRIS di DIY selama masa pandemi Covid-19 pada 2020 lalu.

Dari upaya tersebut, realisasi penggunaan pun QRIS melesat jumlahnya.  

Pada tahun 2020 kemarin, KpW BI DIY berhasil merealisasikan 149.924 merchant penyedia barang dan jasa di DIY yang menggunakan QRIS.

Capaian tersebut telah melampaui target yang ditetapkan sebesar 100.000 merchant pada tahun lalu.

Baca juga: Tatap 2021, ASITA DIY Fokuskan Pengembangan Wisata Taat Prokes

Baca juga: Gandeng BNI Lewat Program Prawiramas, UGM Dorong Mahasiswa jadi Wirausahawan

Ia menjelaskan, pencapaian realisasi penggunaan QRIS di DIY yang melampaui target ini adalah buah dari upaya dan strategi yang diterapkan.

Sejauh ini KpW BI telah melakukan sosialisasi offline QRIS ke UMKM, pedagang pasar, Pemda, kampus, sekolah, pondok pesantren, rumah ibadah, pariwisata hingga paguyuban di DIY.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved