Breaking News:

Peringatan Dini Cuaca Ekstrem BMKG: Kamis Besok, Waspadai Potensi Hujan Angin di Sejumlah Wilayah

BMKG memprediksi sejumlah wilayah di Indonesia akan diguyur hujan dengan intensitas tinggi, dan berpotensi disertai angin kencang pada Kamis besok

dok.via kompas.com
ilustrasi peringatan cuaca ekstrem 

TRIBUNJOGJA.COM - Berikut daftar wilayah yang berpotensi dilanda cuaca ekstrem berupa hujan lebat dan angin kencang, untuk Kamis (14/1/2021) esok hari, berdasarkan prakiraan cuaca BMKG.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi sejumlah wilayah di Indonesia akan diguyur hujan dengan intensitas tinggi, dan berpotensi disertai angin kencang pada Kamis (14/1/2021) esok hari.

BMKG pun sudah mengeluarkan peringatan dini agar masyarakat yang tinggal di daerah yang berpotensi terjadi hujan deras dan angin kencang untuk meningkatkan kewaspadaan.

Hal tersebut berdasar rilis yang dikeluarkan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Baca juga: Cerita Anggota Tim Penyelam TNI AL saat Menemukan Black Box Sriwijaya Air SJ 182 di Dasar Laut

Baca juga: Formasi CPNS 2021 untuk Lulusan SMA/ SMK Sederajat, Berikut Persyaratannya

Diperkirakan, terjadi hujan lebat yang disertai angin kencang/puting beliung dan kilat/petir di Jawa Barat hingga Jawa Timur.

Sementara itu, wilayah Lampung akan diguyur hujan yang dapat disertai angin kencang.

Sesuai informasi pada laman web.meteo.bmkg.go.id, Deputi Bidang Meteorologi, Rabu (13/1/2021), menyampaikan adanya Sirkulasi Siklonik terpantau di Utara P. Kalimantan, di Samudera Hindia Selatan Sumatera dan di Australia bag Utara yang membentuk konvergensi yang memanjang dari Kep.Natuna hingga Kalimantan Barat, dan di NTT bagian Timur.

ILUSTRASI - Hujan Deras
ILUSTRASI - Hujan Deras ((KOMPAS.com / RODERICK ADRIAN MOZES))

Daerah konvergensi lainnya juga terpantau memanjang di Aceh, di perairan Barat Bengkulu, dari Laut Natuna hingga Sumatera Selatan, di Pesisir Selatan Jawa Barat hingga Jawa Timur, dari Selat Makassar hingga Laut Banda, dan dari Papua Barat hingga Papua.

Kondisi ini dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Daftar wilayah yang berpotensi hujan berintensitas lebat yang dapat disertai angin kencang/puting beliung dan kilat/petir:

Halaman
1234
Editor: Muhammad Fatoni
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved