Berita Kesehatan

Inilah Alasan Kenapa Diabetes Dijuluki Sebagai 'Induk dari Berbagai Penyakit'

Diabetes dapat memicu komplikasi mematikan dari mulai serangan jantung, stroke, ginjal hingga penyumbatan pembuluh darah

Editor: Mona Kriesdinar
Thinkstock
Ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM - Diabetes alias kencing manis bisa mempengaruhi banyak organ dalam tubuh penderitanya. Ia juga dapat memicu komplikasi mematikan dari mulai serangan jantung, stroke, ginjal hingga penyumbatan pembuluh darah.

Oleh sebab itu, diabetes juga kerap kali disebut sebagai 'Ibu dari Berbagai Penyakit'.

Baca juga: Kunci Perawatan Penderita Kencing Manis untuk Peroleh Harapan Hidup Lebih Lama

Hubungan antara kadar gula darah, tekanan darah, dan kolesterol

Kadar gula darah tinggi, tekanan darah tinggi, dan kadar kolesterol tinggi, ketiganya menjadi ‘biang’ yang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit.

Jika Anda menderita diabetes dan Anda tidak mengontrol penyakit Anda, Anda lebih mungkin untuk mengalami tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol tinggi.

Penderita Diabetes Rentan Alami Kadar Gula Rendah yang Bisa Picu Kematian Mendadak

Kadar gula darah tinggi dapat menyebabkan kerusakan pembuluh darah dan peningkatan penumpukan lemak pada dinding pembuluh darah.

Penumpukan lemak ini dapat memengaruhi aliran darah, serta juga dapat meningkatkan risiko penyumbatan dan pengerasan pembuluh darah (aterosklerosis).

Aterosklerosis ini kemudian dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.

Selain menyebabkan tekanan darah tinggi, diabetes juga dapat memengaruhi kadar kolesterol dalam tubuh. Diabetes cenderung dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dan menurunkan kadar kolesterol baik.

Yang Harus Dilakukan Jika Penderita Diabetes Mulai Kesemutan dan Pegal-pegal

Komplikasi yang bisa ditimbulkan oleh diabetes

Diabetes disebut sebagai ibu dari berbagai penyakit karena diabetes bisa menjadi penyebab dari banyak komplikasi penyakit, seperti penyakit jantung, penyakit ginjal, penyakit pada mata, penyakit pada kaki, penyakit saraf, dan masih banyak lagi lainnya.

Komplikasi ini bisa timbul karena kadar gula darah tinggi, tekanan darah tinggi, dan kadar kolesterol tinggi.

Oleh karena itu, jika Anda penderita diabetes dan tidak ingin menderita komplikasi diabetes, Anda diharuskan untuk mengontrol ketiga hal tersebut.

Menerapkan pola makan sehat, melakukan olahraga teratur, berhenti merokok dan konsumsi minuman alkohol, dapat membantu Anda terhindar dari komplikasi diabetes.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved