Breaking News:

KA BIAS Relasi Stasiun Bandara Adi Soemarmo-Stasiun Klaten Beroperasi Kembali Mulai 1 Januari 2021

Operasional KA Bandara Internasional Adi Soemarmo (KA BIAS) yang memiliki relasi Stasiun Klaten, Stasiun Solo Balapan dan Stasiun Bandara

Istimewa
Penampakan KA Bias yang melayani relasi Stasiun Klaten - Stasiun Bandara Adi Soemarmo. 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Operasional KA Bandara Internasional Adi Soemarmo (KA BIAS) yang memiliki relasi Stasiun Klaten, Stasiun Solo Balapan dan Stasiun Bandara Adi Soemarmo (PP) kembali beroperasi mulai, Jumat (1/1/2021).

Sebelumnya, operasional dari KA BIAS ini sempat dihentikan sejak 9 bulan lalu akibat merebaknya pandemi COVID-19 di sejumlah daerah.

Pengoperasian kembali KA Bandara Bandara Internasional Adi Soemarmo relasi Stasiun Klaten, Stasiun Solo Balapan dan Stasiun Bandara Adi Soemarmo (PP) ini bertujuan untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat yang akan bepergian ke Bandara Adi Soemarmo menggunakan moda transportasi Kereta Api.

Baca juga: JUMAT BERKAH, Baca Surat Al Kahfi dan Temukan Banyak Keutamaan, Terhindar dari Fitnah Dajjal

Baca juga: Polres Klaten Keluarkan 18.858 Lembar Surat Tilang Sepanjang Tahun 2020

Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 6 Yogyakarta, Supriyanto mengungkapkan KA BIAS tersebut terbagi menjadi 3 relasi perjalanan yakni, KA Bandara relasi Klaten – Adi Soemarmo (PP) dengan total 22 perjalanan.

"Kemudian, KA Bandara relasi Solobalapan menuju Adi Soemarmo (PP) dengan total 10 perjalanan, dan KA Bandara relasi Solobalapan menuju Klaten (PP) dengan total 2 perjalanan," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Tribun Jogja, Jumat (1/1/2020).

Terkait tarif yang diberlakukan, lanjut Supriyanto, untuk sekali perjalanan antara Stasiun Klaten menuju Stasiun Adi Soemarmo dipatok dengan harga Rp 15 ribu per penumpang, sedangkan tarif perjalanan antara Stasiun Solo Balapan ke Stasiun Adi Soemarmo Rp 7 ribu per penumpang.

Serta tarif antara Stasiun Klaten menuju Stasiun Solo Balapan sebesar Rp 8 ribu per penumpang.

"Para penumpang yang akan melakukan pembelian tiket dapat melalui aplikasi KAI Access mulai H-7 sebelum keberangkatan atau Go Show di Loket Stasiun," jelasnya.

Supriyanto berharap, hadirnya kembali Angkutan KA Bandara Internasional Adi Soemarmo ini diharapkan dapat menjadi andalan masyarakat sebagai moda transportasi yang terintegrasi antara Pesawat dan Kereta Api sehingga perjalanan lebih nyaman dan tepat waktu.

Kemudian, dengan adanya perjalanan KA Bandara Internasional Adi Soemarmo yang beragam dari Klaten, Solobalapan dan Adi Soemarmo maupun sebaliknya, masyarakat dapat memilih jadwal perjalanan KA sesuai dengan jadwal yang diinginkan dalam menyesuaikan jadwal penerbangannya di Bandara Adi Soemarmo.

Baca juga: Piala Asia U-16 dan U-19 2021 Dikabarkan Batal Digelar

Baca juga: Daftar Rincian Penerima Subsidi dan Token Listrik Gratis dari PLN, Diperpanjang hingga Maret 2021

Selain itu diharapkan juga dengan hadirnya kembali KA Bandara ini dapat lebih meningkatkan animo masyarakat untuk menggunakan transportasi massal.

Ia juga menekankan terkait protokol kesehatan selama masa pandemi COVID-19, KAI tetap konsisten mengedepankan protokol kesehatan saat melayani pelanggan.

Protokol tersebut seperti pelanggan diharuskan dalam kondisi sehat, mengenakan masker selama perjalanan, dihimbau mengenakan jaket atau pakaian lengan panjang, serta dilakukan pengukuran suhu tubuh saat proses boarding.

Guna menjaga jarak selama perjalanan, KAI juga hanya menjual tiket sebanyak 70 persen dari kapasitas tempat duduk yang tersedia.

"Selain itu, perjalanan KA ini merupakan perjalanan KA lokal sehingga penumpang tidak perlu Rapid Test COVID-19," tegas Supriyanto. (Mur)

Penulis: Almurfi Syofyan
Editor: Kurniatul Hidayah
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved