Pencurian Ikan

Kronologi Penangkapan 3 Kapal Malaysia Saat Mencuri Ikan di Selat Malaka, Sempat Berusaha Kabur

Kronologi Penangkapan 3 Kapal Malaysia Saat Mencuri Ikan di Selat Malaka, Sempat Berusaha Kabur

Editor: Hari Susmayanti
KOMPAS.com / YOHANES KURNIA IRAWAN
Ilustrasi: Direktorat Polisi Perairan, Mabes Polri, menangkap 2 kapal Vietnam yang melakukan penangkapan ikan secara ilegal di wilayah perairan Indonesia. Kapal beserta seluruh ABK kemudian dibawa menuju markas Dit Polair Polda Kalbar, Kamis (3/3/2016). 

TRIBUNJOGJA.COM, BATAM - Tiga kapal asal Malaysia yang sedang mencuri ikan di Selat Malaka ditangkap tim dari Bakamla RI.

Ketiga kapal tersebut ditangkap pada Kamis (31/12/2020) malam atau tepat pada malam pergantian tahun.

Kapal-kapal tersebut tertangkap basah sedang menarik jaring di perairan Indonesia sehingga langsung diamankan petugas dari Bakamla.

Dari penangkapan tersebut, petugas mengamankan barang bukti tiga ton ikan campuran.

Direktur Operasi Laut (Diropsla Bakamla RI) Laksma Bakamla Suwito yang juga Pelaksana Harian (Palakhar) Operasi Laut Bakamla mengatakan, penangkapan ini berawal saat KN Bintang Laut-401 melakukan patroli operasi keamanan dan keselamatan laut dalam negeri (Opskamlamla XII).

Dari sana KN Bintang Laut–401 mendapati kontak mencurigakan berdasarkan hasil pantauan radar yang menunjukkan aktivitas kapal yang tidak biasa.

Baca juga: Kabar Terbaru Soal Gaji ASN Gaji PNS Minimal Rp9 Juta, Kabarnya Tidak untuk Tahun 2021

Baca juga: Siagakan 1.000 Personel, Wali Kota Yogyakarta Siap Tertibkan Jam Buka Tempat Usaha

Dari sana, KN Bintang Laut-401 yang dikomandani Letkol Bakamla Margono melakukan pendekatan dan akhirnya mengetahui adanya kapal ikan dari Malaysia yang sedang melakukan penangkapan ikan ilegal dan kedapatan sedang menarik jaring.

"Kapal tersebut tertangkap basah sedang mencuri ikan di perairan Indonesia,” kata Suwito melalui keterangan tertulisnya, Kamis.

Bahkan, saat didekati, kapal tersebut berusaha melarikan diri dengan memutus jaring ikannya, tetapi bisa dihentikan pihak KN Bintang Laut-401.

Tidak hanya satu kapal, KN Bintang Laut-401 berhasil menangkap tiga KIA asal Malaysia sekaligus dengan barang bukti kurang lebih tiga ton ikan campuran.

“Keberhasilan ini sangat menggembirakan, karena KN Bintang Laut–401 berhasil menangkap tiga KIA asal Malaysia sekaligus yang sedang mencuri ikan di perairan selat Malaka,” kata Suwito.

Ia mengatakan, saat ini, awak dari ketiga kapal ikan asal Malaysia tersebut masih menjalani pemeriksaan lebih lanjut untuk mengantisipasi pelanggaran lain yang mungkin dilakukan, misalnya penyelundupan narkoba yang sering terjadi di Selat Malaka.

“Direncanakan ketiga KIA (kapal ikan asing) asal Malaysia ini akan dibawa ke Belawan Medan untuk menjalani proses hukum lebih lanjut,” kata Suwito.

Artikel ini sudah tayang di Kompas.com dengan judul " Jelang Tahun Baru, Bakamla RI Tangkap 3 Kapal Pencuri Ikan Asal Malaysia

Sumber: Kompas.com
  • Berita Terkait :#Pencurian Ikan
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved