Breaking News:

Yogyakarta

Dampak Pembatasan Wisatawan di Yogyakarta, DLHK DIY Prediksikan Produksi Sampah Turun

Balai Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) DIY memprediksikan tidak ada peningkatan sampah saat Natal dan Tahun baru.

TRIBUNJOGJA/ Nanda Sagita Ginting
Kondisi sampah berserakan di bahu jalan TPST Piyungan, Bantul, pada Jumat (18/12/2020) 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Balai Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) DIY memprediksikan tidak ada peningkatan sampah saat Natal dan Tahun baru.

Meski pada tahun sebelumnya momen libur Natal dan Tahun baru selalu disertai adanya peningkatan produksi Sampah seperti halnya libur pada hari besar lainnya.

Kepala Balai Pengelolaan Sampah DLHK DIY Fauzan Umar mangatakan, adanya syarat bepergian yang mengharuskan membawa surat sehat dinilai mampu mengurangi produksi sampah yang dihasilkan dari wisatawan yang datang ke Yogyakarta.

Hal itu diyakini olehnya sangat berpengaruh besar karena setiap libur akhir tahun puluhan bahkan ribuan wisatawan memadati Kota Yogyakarta dan sekitarnya untuk berwisata.

Baca juga: Banyak Masalah Sampah, Pemda DIY Akan Susun Payung Hukum Pengendalian Sampah

Dalam kurun waktu dua minggu sejak 21 Desember 2018 hingga 1 Januari 2019 sampah yang dihasilkan di TPST Piyungan saat itu mencapai sekitar 6.917 ton.

"Prediksi peningkatan sampah saat natal dan tahun baru kalau daerah-daerah menerapkan pembatasan bepergian tentu lonjakan sampah tidak seperti tahun sebelumnya," katanya, kepada Tribunjogja.com, Jumat (25/12/2020).

Apalagi jika terdapat pembatasan wisata di Yogyakarta, tentu hal itu akan berdampak penurunan produksi Sampah di Yogyakarta.

Namun demikian, adanya syarat untuk membawa surat sehat hasil Rapid test antigen dan pembatasan kuota wisatawan di masing-masing destinasi mampu mengurangi beban sampah di Yogyakarta.

"Kalau ada pembatasan wisata ke Yogyakarta tentu sampah akan berkurang," ungkapnya.

Namun demikian, persoalan sampah menurutnya akan bergeser ke Kabupaten Gunungkidul.

Baca juga: TPST Piyungan Sudah Beroperasi, Sampah di Depo Kota Yogyakarta Mulai Diangkut

Halaman
12
Penulis: Miftahul Huda
Editor: Gaya Lufityanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved