Breaking News:

Otomotif

Bahaya, Hindari Memangku Anak Di Kursi Depan Mobil, Bisa Celaka Saat Ngerem Mendadak

Bahaya, Hindari Memangku Anak Di Kursi Depan Mobil, Bisa Celaka Saat Ngerem Mendadak

iStock via cafemom.com
Ilustrasi : baby in car 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Berpergian menggunakan mobil bersama keluarga memang hal yang mengasyikan. Hanya saja, perlu memperhatikan hal hal yang mungkin masih dianggap sepele agar perjalanan terasa aman dan nyaman.

Terkadang, kita sering lupa atau tak sengaja menganggap perilaku yang kita sudah rasakan nyaman saat berkendara dengan mobil, ternyata jauh dari keamanan.

Beberapa hal yang kita lakukan saat di dalam mobil, mungkin tak kita sadari justru membahayakan kita dan penumpang lainnya di mobil.

Salah satunya adalah perilaku penumpang mobil saat membawa balita atau anak kecil. Untuk alasan kenyamanan si kecil, tak sedikit orang tua memangku anaknya, baik di kursi bagian depan tengah maupun kursi penumpang di bagian paling belakang.

Padahal hal tersebut bisa sangat membahayakan si anak ketika mobil yang ditumpangi tiba tiba mengerem.

baby in car
baby in car (dailymail.co.uk)

Dikutip dari Kompas.com, Training Director Safety Defensive Consultant Sony Susmana menuturkan, memangku anak di bangku penumpang depan adalah tindakan berbahaya.

Pasalnya, kalau tiba-tiba mobil menabrak, posisi si anak paling rentan jadi korban atau bisa lebih fatal.

"Prinsip dari keamanan, saat mesin hidup dan kendaraan bergerak, semua penumpang sudah harus mengenakan safety belt (sabuk pengaman).

Memangku balita hanya karena menempuh jarak yang dekat itu juga tidak bisa jadi alasan,” ujar Sony saat dihubungi Kompas.com belum lama ini.

baby in car
Ilustrasi : baby in car (iStock via cafemom.com)

Sebab, menurut Sony, kecelakaan bisa terjadi di mana dan kapan saja. Tidak pilih-pilih penumpang. Ketika orang dewasa memangku anak di bangku sebelah sopir, otomatis posisi anak duduk bebas tanpa sabuk pengaman.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved