Breaking News:

Pilkada Serentak 2020

KPU Klaten Rampungkan Rekapitulasi Tingkat Kabupaten, Sri Mulyani Raih Suara Terbanyak

Pasangan nomor urut 1, Sri Mulyani - Yoga Hardaya (MULYO) meraih suara terbanyak dengan raihan 378.418 suara.

TRIBUNJOGJA.COM / Almurfi Syofyan
Ketua KPU Klaten, Kartika Sari Handayani menyerahkan blangko rekapitulasi penghitungan suara tingkat Kabupaten Klaten kepada Bawaslu Klaten, Arif Fatkhurrokhman, Selasa (15/12/2020). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Klaten menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara tingkat kabupaten pemilihan bupati dan wakil bupati Klaten, Selasa (15/12/2020).

Rekapitulasi dilaksanakan di lantai dua gedung KPU Klaten yang berada di Jalan Mayor Kusmanto, Desa Sekarsuli, Kecamatan Klaten Utara, Kabupaten Klaten mulai pukul 09.00 WIB pagi.

Dari pantauan Tribunjogja.com di lokasi, rekapitulasi dihadiri oleh komisioner KPU Klaten, Bawaslu Klaten, masing-masing saksi dari ketiga paslon, Polres Klaten dan stakeholder terkait.

Menjelang pukul 14.15 KPU Klaten telah merampungkan proses rekapitulasi 26 kecamatan yang ada di Kabupaten Klaten.

Baca juga: Masuki Waktu Istirahat, Rekapitulasi Pilkada Klaten Rampung 16 Kecamatan

Proses rekapitulasi sendiri dibuka oleh Ketua KPU Klaten, Kartika Sari Handayani dan dipimpin oleh Komisioner KPU Klaten Divisi Teknis Penyelenggaraan, Samsul Huda.

Adapun rincian hasil rekapitulasi, pasangan nomor urut 1, Sri Mulyani - Yoga Hardaya (MULYO) meraih suara terbanyak dengan raihan 378.418 suara.

Sementara pasangan nomor urut 2, One Krisnata - Muhammad Fajri (ORI) mengumpulkan sebanyak 246.579 suara.

Sedangkan paslon nomor urut 3, Arif Budiyono - Harjanta (ABY-HJT) meraup 129.081 suara.

Selanjutnya, untuk jumlah suara sah pada Pilkada Klaten 2020 mencapai 754.078 dan suara tidak sah sebanyak 24.774 suara.

Sehingga jika di total, jumlah suara sah ditambah suara tidak sah menjadi 778.852.

Baca juga: UPDATE Perolehan Suara Pilkada Klaten Versi Sirekap KPU, MULYO Memimpin Perolehan Suara

Ketua KPU Klaten, Kartika Sari Handayani mengatakan jika proses rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara tingkat kabupaten pemilihan bupati dan wakil bupati Klaten 2020 itu berjalan lancar sejak pagi hari hingga siang ini.

"Prosesnya berjalan lancar, alhamdulillah dan semua saksi dan Bawaslu tadi tidak ada yang keberatan dan hasilnya memang sesuai dengan penghitungan di tingkat kecamatan dan tps-tps," ujarnya pada Tribunjogja.com, seusai rekapitulasi.

Ia menambahkan, hasil rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara tingkat kabupaten tersebut akan menunggu jawaban dari masing-masing saksi peserta pemilu selama 3x24 jam.

"Setelah ini kita menunggu sengketa (dari paslon) selama 3x24 jam. Jika tidak ada, nanti kita akan melakukan penetapan dan paslon terpilih. Untuk jadwalnya masih belum karena menunggu 3x24 dulu," tandasnya. ( Tribunjogja.com )

Penulis: Almurfi Syofyan
Editor: Gaya Lufityanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved