Breaking News:

Update Corona

UPDATE Corona : Sejumlah Tenaga Kesehatan Kota Yogyakarta Sudah Mendapat Pelatihan Vaksinasi

Sejumlah Nakes di Kota Yogyakarta Selesaikan Pelatihan Vaksinasi, Dua Orang Per Puskesmas

Penulis: Azka Ramadhan | Editor: Yudha Kristiawan
Shutterstock
Ilustrasi : Vaksin corona 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA  - Sejumlah tenaga kesehatan (nakes) di Kota Yogyakarta sudah merampungkan pelatihan vaksinasi yang digelar oleh Kementerian Kesehatan RI.

Walau begitu, sampai sejauh ini, pemerintah daerah belum mendapat informasi terkait petunjuk teknis pelaksanaan vaksinasi.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Yogyakarta, Emma Rahmi Aryani mengatakan, pelatihan tersebut dimulai sejak 30 November lalu.

Mereka yang mengikuti pelatihan skema vaksinasi ini merupakan perwakilan dari setiap Puskesmas, yang terdiri dari seorang dokter dan satu bidan.

"Kemarin ada dua orang per Puskesmas yang mendapatkan pelatihan. Kemudian dari BPOM juga melatih apotekernya juga ya, untuk pengelolaan vaksinnya," ujarnya.

Baca juga: Awas, Jangan Kasih Kendor Penerapan Protokoler Kesehatan, Meski Sudah Ada Titik Terang Vaksin Corona

Baca juga: Ada Saran Diberikan Saat Akreditasi Perpus Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Klaten

Baca juga: Homestay dan Kemah Disiapkan Pengelola Wisata Gunung Api Purba Nglanggeran Untuk Yang Mau Nginap

"Jadi, kalau nakes itu dokter sama bidan, untuk pelaksanaan vaksinasi. Untuk pengelolaan vaksinnya, ada apoteker yang diberi pelatihan, tapi itu belum semuanya, masih beberapa Puskesmas saja yang ikut," tambah Kadinkes.

Nantinya, lanjut Emma, deretan nakes yang sudah mengikuti pelatihan tersebut, diharapkan bisa memvaksin rekan-rekan sesama nakes yang selama ini berhadapan langsung dengan pasien corona.

Terlebih, berdasar petunjuk pusat, mereka masuk dalam prioritas utama vaksinasi tersebut.

"Kan sudah ada yang mendapat pelatihan khusus. Harapanya, mereka sendiri yang memvaksin nakes di faskesnya. Jadi, biar tidak usah kemana-mana.

Nakes lini depan, yang hubungan langsung dengan pasien, akan kita skemakan untuk mengikuti proses vaksinasi ini," ungapnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved