Breaking News:

Delapan Wasit FORKI Asal DI Yogyakarta Ikuti Ujian Wasit Nasional

Selain mengirimkan video praktek, peserta terlebih dulu harus mengikuti penataran berikut tes tertulis yang digelar secara virtual.

dok.istimewa
Wasit DI Yogyakarta yang menjalani ujian upgrading dan renewal kata serta Kumite Wasit Nasional FORKI secara virtual. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Delapan wasit asal DI Yogyakarta dikirimkan oleh Pengurus Daerah Cabang Olahraga Federasi Karate-Do Indonesia (Pengda Cabor FORKI) DIY, mengikuti ujian upgrading dan renewal kata serta Kumite Wasit Nasional FORKI secara virtual yang diselenggarakan oleh Dewan Wasit Pengurus Besar (PB) FORKI, 10-13 Desember 2020.

Delapan wasit tersebut ialah Ilham Murdiatno dari Perguruan LEMKARI dengan keterangan Upgrade JB-JA Kata dan Renewal WA Kumite, Santoso Budi dari Perguruan INKANAS, Suparmadi dari Perguruan INKADO, dan Akhsanul Fuadi dari Perguruan INKAI dengan keterangan Upgrade JB-JA Kata.

Kemudian Paryono dari Perguruan INKANAS dengan keterangan NC Kata dan Renewal WA Kumite, serta E. Candra Harjanto dari Perguruan LEMKARI, Bungkus Karnoko dan Sarjana dari Perguruan GOJUKAI dengan keterangan NC Kata.

"Dari FORKI DIY merespon surat PB FORKI yang kemudian dengan mengirimkan 8 wasit yang telah memenuhi persyaratan untuk mengikuti upgrading tersebut. Seperti minimal telah menjadi juri kata daerah dan memiliki DAN 3," terang Sekretaris Umum FORKI DIY, Paryono, Minggu (13/12/2020).

"Sebelum upgrading, terlebih dahulu dilakukan perekaman video kata masing-masing peserta, mengingat kegiatan diadakan secara virtual, lalu didaftarkan dan dikirimkan pada 5 November hingga 1 Desember 2020," tambahnya.

Selain mengirimkan video praktek, peserta terlebih dulu harus mengikuti penataran berikut tes tertulis yang digelar secara virtual.

Adapun sebelum menjalani tes, peserta juga telah diberikan kesempatan untuk menjawab materi maupun soal-soal latihan yang diberikan oleh PB FORKI dalam bahasa Inggris.

Paryono berharap, melalui kegiatan tersebut para peserta dapat memberikan hasil terbaik dan dinyatakan lulus, yang kemudian dapat turut mendorong lahirnya wasit-wasit daerah yang berlevel nasional hingga internasional.

Diakui, sejauh ini DIY masih kekurangan sumber daya manusia (SDM) tersebut. 

"Untuk hasilnya akan diumumkan dalam waktu dekat, kami masih menunggu pengumuman resmi dari PB FORKI baik melalui email dan sebagainya," ujar Paryono.

Wasit DI Yogyakarta peserta ujian upgrading dan renewal kata serta Kumite Wasit Nasional FORKI, E. Candra Harjanto mengatakan ujian yang biasanya digelar satu tahun sekali ini berlangsung cukup ketat meski diselenggarakan secara virtual.

Sebab, beberapa peraturan cukup ketat diberlakukan baik saat menjalani tes tertulis, tes praktik, dan kegiatan penataran yang wajib diikuti.

Apalagi, tes tertulis yang diadakan juga menggunakan bahasa Inggris.

Kendati begitu, Candra bersama wasit DI Yogyakarta lainnya optimis dapat lulus sekaligus dapat mempersembahkan hasil terbaik.

( tribunjogja.com )

Penulis: R.Hanif Suryo Nugroho
Editor: Muhammad Fatoni
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved