Breaking News:

Penelusuran Trending di Google Sepanjang 2020 : Omnibus Law, Odading hingga Film Tilik

Year in Search 2020 menggambarkan topik apa saja yang trending di Indonesia sepanjang tahun ini.

Editor: Gaya Lufityanti
Penelusuran Trending di Google Sepanjang 2020 : Omnibus Law, Odading hingga Film Tilik
Google.

TRIBUNJOGJA.COM - Hari ini Google mengumumkan Year in Search 2020 yang menawarkan informasi dan perspektif unik tentang momen dan tren tahun 2020 berdasarkan penelusuran yang dilakukan di Indonesia.

Year in Search 2020 menggambarkan topik apa saja yang trending di Indonesia sepanjang tahun ini dan mengalami peningkatan dalam periode yang berkelanjutan sepanjang tahun dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Daftar Year in Search 2020 ini tidak disusun berdasarkan tingkat popularitas penelusuran. 

“Year in Search menunjukkan bahwa di tahun 2020 adalah waktu yang penuh tantangan, perubahan, dan begitu banyak pertanyaan. Namun, kita bisa melihat bahwa orang Indonesia tangguh dan terus maju menghadapi tantangan dan perubahan ini. Tidak hanya menunjukkan ketahanan dan beradaptasi, tapi kondisi normal baru juga mungkin telah memberikan perspektif baru bagi Indonesia, mendorong kebiasaan baru, meningkatkan keterampilan, hingga menciptakan terobosan,” ujar Fida Heyder, Head of Consumer Apps Marketing Google Indonesia.

Baca juga: Google Map Kini Punya Fitur Covid-19 Info Bisa Tampilkan Informasi Sebaran Pasien COVID-19

Tantangan baru yang muncul di tahun ini, menyebabkan orang Indonesia tidak ingin hanya mengikuti percakapan, tetapi berusaha memahami kabar terbaru.

Dari isu-isu nasional seperti “Omnibus Law”, “Resesi”, “Kartu Pra-Kerja”, hingga “Odading” dan “WFH”.

Penelusuran yang trending tahun ini juga menunjukkan bagaimana orang Indonesia tergerak oleh tindakan.

Kita bisa melihat dari kata kunci seperti "cara membuat hand sanitizer", "cara mendaftar UKM online", "cara menjadi reseller", hingga "cara menjadi YouTuber pemula" adalah beberapa penelusuran yang menduduki tren teratas tahun ini.

Normal baru menggerakan kebiasaan-kebiasaan baru, mempelajari keterampilan baru dari kegiatan belajar hingga gaya hidup.

Kita dapat melihatnya dengan jelas dari kueri seperti "Google Classroom", "apa itu kuota belajar", "cara masuk ke Google Classroom", hingga "sepeda lipat" termasuk di antara penelusuran yang jadi tren teratas di tahun ini.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved