Breaking News:

HARGA EMAS Rabu 9 Desember 2020 Bertepatan dengan Pilkada Serentak

arga emas hari ini Rabu, 9 Desember 2020 Harga emas 2 gram: Rp 1.922.000 Harga emas 3 gram: Rp 2.864.000

Editor: Iwan Al Khasni
Reurter via Kontan
Emas 

Tribunjogja.com JAKARTA -- Harga emas bergerak flat cenderung turun tipis setelah kemarin melanjutkan kenaikan di hari kedua Rabu (9/12) pukul 6.30 WIB.

Harga emas spot berada di US$ 1.870 per ons troi, turun tipis dari harga penutupan kemarin pada US$ 1.870,56 per ons troi.

Serupa, harga emas kontrak pengiriman Februari 2021 di Commodity Exchange berada di US$ 1.874,70 per ons troi, turun tipis dari harga penutupan kemarin pada US$ 1.874,90 per ons troi.

Kemarin harga emas naik ke level tertinggi dalam dua pekan terakhir. Kenaikan harga emas ditopang oleh ekspektasi akan lebih banyak stimulus fiskal AS untuk memerangi dampak ekonomi dari meningkatnya kasus virus corona. Pelemahan nilai tukar dolar AS turut menopang kenaikan harga logam mulia.

"Harga emas tidak terlalu jauh dari tertinggi dan begitu mulai ada stimulus atau gambaran yang lebih jelas tentang bagaimana kesepakatannya, emas dan perak akan terus bergerak lebih tinggi," kata Daniel Pavilonis, ahli strategi pasar senior di RJO Futures kepada Reuters.

Pelemahan nilai tukar dolar meningkatkan daya tarik emas bagi pemegang mata uang lainnya. Di tengah meningkatnya kasus virus corona, Kongres AS akan menggelar pemungutan suara untuk anggaran sementara selama sepekan.

Langkah ini diambil untuk mencapai kesepakatan bantuan corona.

Baca juga: Intelijen Austria Ungkap Mata-mata Korea Utara Operasi di Pusat Uni Eropa

"Pengeluaran fiskal lebih lanjut positif untuk emas, dan pasar tampaknya mengantisipasi beberapa jenis bagian paket fiskal, bahkan jika hanya sementara," kata James Steel, kepala analis logam mulia di HSBC dalam sebuah catatan.

Meski harga emas disokong oleh antisipasi stimulus, harga aset lindung nilai ini turun akibat perkembangan vaksin corona yang mulai dibagikan di Inggris kemarin dan akan menyusul negara-negara lain.

"Lebih banyak kabar baik mengenai vaksin akan menjadi penekan harga yang kuat," imbuh Steel.

Emas, yang dianggap sebagai lindung nilai terhadap inflasi dan penurunan nilai mata uang, telah meningkat lebih dari 23% tahun ini, diuntungkan dari suku bunga yang mendekati nol dan risiko inflasi yang lebih tinggi yang kemungkinan besar dihasilkan dari stimulus besar-besaran secara global.

Baca juga: Rekaman CCTV Rangkaian Kasus Polisi vs Simpatisan FPI Tol Jakarta-Cikampek Dikumpulkan Polisi

Baca juga: RB Leipzig 3-2 Man United, Player Ratings yang Bikin Manchester United Tersingkir

Halaman
123
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved