Breaking News:

DIY

Gugus Tugas Covid-19 DIY Imbau Pelaku Usaha Hotel Komitmen Terapkan Protokol Kesehatan

Gugus Tugas Covid-19 DIY Imbau Pelaku Usaha Hotel Komitmen Terapkan Protokol Kesehatan

TRIBUNJOGJA.COM / Christi Mahatma Wardhani
Wakil Ketua Gugus Tugas Penanganan COVID-19 DIY, Biwara Yuswantana memberikan keterangan pada wartawan usai rapat koordinasi dengan BPBD Jateng dan Klaten di Balai Desa Glagaharjo, Cangkringan, Jumat (04/12/2020) 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Gugus Tugas penangananan Covid-19 Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) terus berupaya agar pengusaha khususnya hotel dan restoran tidak mengabaikan protokol kesehatan (prokes) mengingat ekonomi kini mulai pulih meski dalam kondisi pandemi Covid-19.

Tim gugus tugas penanganan Covid-19 DIY juga berharap ada komitmen dari pelaku usaha agar terus mematuhi prokes meski target pendapatan sudah berangsur naik.

Wakil Ketua gugus tugas penanganan Covid-19 Biwara Yuswantana mengatakan, konsekuensi masyarakat yang ingin beraktivitas untuk menggerakan perekonomian adalah tetap mematuhi prokes.

Hal itu menjadi pilihan yang harus diambil apabila masyarakat menginginkan adanya perubahan ekonomi dan sosial di tengah pandemi Covid-19 ini.

"Ini kan sesuatu yang mau tidak mau harus menjadi dilakukan. Ada dua pilihan. Stay at home atau tetap beraktivitas namun tetap perhatikan prokes," kata Biwara, Selasa (8/12/2020).

Namun demikian, untuk saat ini stay at home dirasa sudah tidak mungkin lantaran aktivitas ekonomi dan sosial sudah pelan-pelan berjalan.

Baca juga: Vaksin Covid-19 Tiba di Tanah Air, Ini Penjelasan BPOM Terkait Efektivitas dan Tingkat Kemanjurannya

Akan tetapi, dalam aktivitas sehari-hari, Biwara menegaskan agar masyarakat selalu mengingat agar virus yang ada di dalam seseorang tidak keluar dan menulari lingkungan sekitar, begitu juga sebaliknya.

"Ketika sudah jalan, kita berinteraksi seperti ini ya kita jaga agar virus tidak keluar dari tubuh kita, atau kita tidak terkena virus dari tubuh orang lain," tegas Biwara.

Ia berharap, khusus para pengusah hotel dan restoran yang beberapa waktu lalu mentargetkan okupansi kamar mencapai 90 persen, menurutnya hal itu perlu diimbangi dengan komitmen penerapan protokol kesehatan.

"Ketika hotel dia targetkan 90 persen monggo, tapi prokes harus diperketat. Jangan kemudian ambil kesempatan, mumpung banyak yang datang kemudian mengabaikan. Artinya komitmen perlu ditanyakan, semua harus seperti itu," ujarnya.

Sementara saat disinggung mengenai penyaluran tenaga kesehatan (nakes) tambahan, Biwara belum memastikan terkait hal itu.(Tribunjogja/Miftahul Huda)

Penulis: Miftahul Huda
Editor: Hari Susmayanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved