Kabupaten Sleman

Tingkatkan Penjualan, UMKM Harus Kuasai Digital Marketing dan Konten Kreatif 

Tingkatkan Penjualan, UMKM Harus Kuasai Digital Marketing dan Konten Kreatif 

Tingkatkan Penjualan, UMKM Harus Kuasai Digital Marketing dan Konten Kreatif 
Tribunjogja/Nanda Sagita Ginting
Suasana Talkshow talkshow 'Digital Marketing dan Konten Kreatif untuk UMKM, pada Festival UMKM Sembada 3 di JCM, Minggu (06/12/2020).

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Dalam memasarkan produk secara digital, UMKM harus mampu menguasai strategi digital marketing dan memiliki konten kreatif.

Marketing Tribun Jogja, Cervika Martha mengatakan, di zaman serba canggih kemampuan digital marketing sangat penting dimiliki khususnya bagi pelaku usaha.

"Sekarang kan, semua orang ingin sesuatu yang cepat. Alternatifnya, ya harus memanfaatkan media digital. Yang, juga harus dibarengi dengan kemampuan marketing," jelasnya saat talkshow 'Digital Marketing dan Konten Kreatif untuk UMKM' pada acara Festival UMKM Sembada 3, Minggu (06/12/2020).

Ia menambahkan, pelaku UMKM juga harus bisa tepat memilih platform media yang digunakan untuk pemasaran.

Kesesuain produk dengan target pasar sasarannya  harus tepat.

"Ya, memang perlu riset juga untuk mengetahui pasar yang cocok untuk produk kita. Sehingga, kuncinya harus sabar dan banyak belajar," tuturnya.

Baca juga: Festival UMKM Sembada 3, Berkah Bagi Petani Anggrek

Baca juga: Potensi Muda Unjuk Bakat di Panggung Festival UMKM Sembada 3

Pada kesempatan yang sama, perwakilan Otak Kanan Picture, Rano mengatakan, konten kreatif dalam memperkenalkan produk menjadi daya tarik utama bagi  pembeli sebelum membeli.

"Jadi, konten ini bisa dibilang promosi visual untuk memperkenalkan produk. Semakin, baik kontennya peluang untuk produk terjual akan semakin besar," terangnya.

Sementara itu, lanjut Rano, UMKM juga memerlukan literasi dan referensi yang banyak agar ide kreatif terus tumbuh dan berkembang.

Sehingga, UMKM tidak akan kehabisan materi ketika ingin membuat konten untuk produknya.

"Ya, pentingnya mencari material terbaru dan mengikuti perkembangan untuk membuat konten. Sehingga, konten yang dibuat akan berkesan di hati calon pembeli," pungkasnya. (Tribunjogja/Nanda Sagita Ginting)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved