Breaking News:

Yogyakarta

Perluas Literasi Keuangan, BI DIY Gandeng Komunitas GenBI

Dilibatkannya komunitas GenBI agar perluasan edukasi terkait literasi keuangan bisa lebih menyentuh masyarakat.

TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
ilustrasi 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Dalam memperluas program literasi keuangan ke masyarakat, Bank Indonesia (BI) Yogyakarta menggandeng komunitas Generasi Baru Indonesia (GenBI) untuk terjun langsung.

Komunitas GenBi merupakan komunitas penerima beasiswa Bank Indonesia yang dibentuk di seluruh perguruan tinggi di Indonesia.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia DIY , Miyono mengatakan, dilibatkannya komunitas GenBI agar perluasan edukasi terkait literasi keuangan bisa lebih menyentuh masyarakat.

"Kalau kami hanya mengandalkan pegawai BI di Yogyakarta. Maka, akan lambat dalam prosesnya. Sebaliknya, jika melibatkan komunitas potensi menjangkau masyarakat lebih besar," jelasnya melalui acara Talkshow Festival UMKM Sembada 3, di Jogja City Mall, pada Sabtu (05/12/2020).

Baca juga: Bank Indonesia Optimis Pertumbuhan Ekonomi DI Yogyakarta 2021 Lebih Baik dari 2020

Untuk fokus penelitian dan edukasi literasi keuangan, lanjut Miyoni, akan terlebih dulu menyasar ke pedagang di kawasan pasar Beringharjo, kota Yogyakarta.

Karena, baru sebagian pedagang yang bisa memanfaatkan pembayaran digital.

"Saat ini, targetnya dilakukan ke pasar dulu. Pasar kan salah satu tempat yang paling banyak melakukan proses transaksi. Namun, secara keseluruhan masih dilakukan dengan cara yang umum. Sehingga, di awali dari pasar untuk mengenalkan kepada masyarakat pembayaran secara cashless (non tunai)," ungkapnya.

Tak hanya itu, komunitas GenBI juga akan dibekali terkait literasi keuangan sebelum terjun ke masyarakat.

Sehingga, penyampaian edukasi literasi keuangan sesuai dengan prinsip dan tujuannya.

"Ya, harus di edukasi dulu sebelum mengedukasi yang lain. Sehingga tidak terjadi simpang siur informasi," pungkasnya. (Tribunjogja.com)

Penulis: Nanda Sagita Ginting
Editor: Gaya Lufityanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved