Breaking News:

Bisnis

BPS DIY Mencatat Pariwisata dan Penerbangan pada Oktober Alami Kenaikan

BPS DIY mencatat adanya perkembangan pariwisata dan transportasi udara di DIY pada Bulan Oktober 2020.

Penulis: Santo Ari | Editor: Gaya Lufityanti
Tribunjogja/ Azka Ramadhan
Ilustrasi. Kondisi Malioboro yang dipadati wisatawan pada Sabtu (21/11/2020) malam lalu. 

TRIBUNJOGJA.COM - Badan Pusat Statistik (BPS) DIY mencatat adanya perkembangan pariwisata dan transportasi udara di DIY pada Bulan Oktober 2020.

Namun demikian, tidak ada kunjungan wisatawan mancanegara ke DIY melalui pintu masuk Bandara Internasional Yogyakarta.

Amirudin, kepala bidang statistik distribusi BPS DIY, mengatakan pada Januari-Maret 2020 pihaknya mencatat masih adanya kedatangan atau kunjungan wisatawan asing.

Tapi saat COVID-19 mulai merebak, maka di April tidak ada kunjungan wisman melalui pintu masuk Bandara Internasional Yogyakarta.

Hal itu dikarenakan beberapa negara mengeluarkan kebijakan larangan bepergian ke luar negeri.  

Baca juga: Inflasi Dua Bulan Terakhir Tunjukkan Konsumsi Masyarakat di DIY Mulai Meningkat

"Juni ada kunjungan orang asing sebanyak tujuh orang, itu pun bukan  untuk wisata namun untuk kunjungan kerja. Setelah itu, hingga november tidak ada kunjungan warga negara asing di pintu masuk Bandara YIA," jelasnya Jumat (4/12/2020).  

Namun demikian, jika dilihat dari pola musiman di luar pandemi di tahun-tahun sebelumnya, Yogyakarta mengalami peak season atau puncak kunjungan wisatawan mancanegara pada Bulan Maret dan di Bulan Juli.

"Kondisi ini berbeda dibanding daerah lain. Kalau di bali peak season saat musim ombak tinggi, karena Bali sebagai tempat tujuan pecinta selancar, biasanya pada bulan Agustus sampai Oktober," terangnya.

Sementara itu, untuk tingkat hunian hotel, Tingkat Penghunian Kamar (TPK) hotel bintang di DIY bulan Oktober 2020 sebesar 45,52 persen, mengalami kenaikan sebesar 9,30 poin dibandingkan TPK bulan sebelumnya (mtm) yang tercatat 36,22 persen.

"Bersyukur di tengah keadaan ekonomi lesu karena pandemi, tapi bulan Oktober kegiatan usaha perhotelan sudah menggeliat, meskipun diramaikan oleh wisatawan domestik," tuturnya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved