Breaking News:

SPJ Tolak Penghargaan TOP 21 Inovasi Pelayanan Publik Penanganan Covid-19 dari Kemenpan-RB

SPJ masuk ke dalam salah satu lembaga yang ditetapkan sebagai peraih TOP 21 Inovasi Pelayanan Publik Penanganan Covid-19 oleh Kemenpan-RB

Penulis: Yosef Leon Pinsker
Editor: Muhammad Fatoni
Tribun Jogja/ Yosef Leon
Sejumlah relawan SPJ saat membacakan pernyataan sikap penolakan penghargaan TOP 21 Inovasi Pelayanan Publik Penanganan Covid-19 oleh Kemenpan-RB, Jumat (4/12/2020). 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Solidaritas Pangan Jogja (SPJ) komunitas relawan Covid-19 yang kerap menyalurkan bantuan pangan kepada masyarakat akar rumput, memutuskan menolak pemberian penghargaan oleh Kemenpar-RB.

SPJ masuk ke dalam salah satu lembaga yang ditetapkan sebagai peraih TOP 21 Inovasi Pelayanan Publik Penanganan Covid-19 oleh Kemenpan-RB.

Penghargaan tersebut sedianya diberikan pada Jumat (4/12/2020) di Kantor Sekretariat Daerah, Pemerintah Kota Yogyakarta dalam acara penerimaan kunjungan kerja Kemenpar-RB.

Namun, pihaknya memutuskan menolak penghargaan itu. 

Syaifatudina, relawan SPJ mengatakan ada sejumlah alasan yang melatarbelakangi pihaknya menolak penghargaan itu.

Dia menjelaskan bahwa SPJ bukanlah sebuah bentuk pelayanan publik.

Komunitas tersebut merupakan sebuah gerakan rakyat untuk membantu rakyat lainnya di masa pandemi ketika pemerintah tidak mampu memberikan akses kesehatan, pangan, dan jaminan kesejahteraan dalam bentuk apapun. 

"Ini adalah sebuah bentuk protes atas diskriminasi yang terus menerus dilakukan oleh pemerintah terhadap kelompok-kelompok masyarakat rentan. SPJ digerakkan oleh kepercayaan bahwa rakyat dapat mewujudkan kemandiriannya melalui aksi-aksi solidaritas," jelas dia. 

Lebih lanjut, SPJ juga bukan sebuah organisasi yang didukung oleh satu dua pihak dengan kepemilikan modal besar yang menjadi pemimpin.

SPJ dihidupi oleh banyak orang dan tidak terbatas wilayah provinsi ataupun negara manapun.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved