Breaking News:

Kota Yogya

Pemkot Yogyakarta Optimis Revitalisasi Kawasan Tugu Rampung Sebelum Libur Akhir Tahun

Sejauh ini proses revitalisasi kawasan Tugu Yogyakarta sudah berjalan sekira 70 persen.

Tribunjogja/ Azka Ramadhan
Proyek revitalisasi kawasan Tugu Pal Putih, Jumat (23/10/2020). 

TRIBUNJOGJA.COM - Wisatawan dari berbagai daerah yang bakal berkunjung ke Kota Yogyakara pada liburan tahun baru akhir Desember nanti, dipastikan bisa menikmati wajah anyar kawasan Tugu Pal Putih yang jauh lebih tertata.

Kabid Binamarga Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPUPKP) Kota Yogya, Umi Akhsanti mengatakan, sejauh ini proses revitalisasi kawasan Tugu sudah berjalan sekira 70 persen.

Sehingga, saat liburan mendatang, proyek diharapkan bakal rampung.

"Kami optimis, sebelum libur akhir tahun revitalisasi Tugu ini sudah beres. Kita kontrak selesai 17 Desember. Harapannya, sebelum itu bisa terselesaikan semua," ujarnya.

Proses pemindahan kabel yang melintang di persimpangan Tugu ke bawah tanah dengan skema ducting pun sudah mulai digarap.

Baca juga: Wali Kota Yogyakarta Ingin Revitalisasi Tugu Pal Putih Selesai Sebelum Akhir Tahun 2020

Ke depannya, sederetan material yang selama ini dianggap sebagai sampah visual itu akan hilang.

"Nantinya, kalau kita melihat Tugu dari sumbu filosifi ya, itu sudah bebas dari kabel. Tiang-tiang yang ada di seputaran simpang Tugu dibersihkan, kita geser," jelasnya.

"Jadi, kita tata kembali, karena kabel FO (fiber optic) turun,  tiang-tiang pun hilang. Sekarang ini kondisinya bergerombol, seperti hutan tiang di setiap sudut," lanjut Umi.

Ia pun berpesan, ketika revitalisasi kawasan tugu ini selesai, masyarakat bisa ikut menjaga kelangsungannya. Beberapa sarana yang telah diperbaiki, seperti jalur pedesrian yang untuk pejalan kaki, jangan terus dialihfungsikan.

"Jangan sampai setelah selesai, pedestriannya lebar, terus berubah fungsi, menjadi tempat parkir, atau buat lewat kendaraan bermotor ya," pungkasnya. (Tribunjogja.com)

Penulis: Azka Ramadhan
Editor: Gaya Lufityanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved