Breaking News:

Yogyakarta

Guru Honorer Lulus Ujian PPPK Tahap I 2019 Baru Akan Diangkat, Ini Respon PHSNI

PHSNI berharap rencana pengangkatan dirinya dan peserta lain yang lulus seleksi PPPK 2019 Tahap I dapat segera terealisasi.

Penulis: Maruti Asmaul Husna
Editor: Gaya Lufityanti
AZCentral.com
ilustrasi 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Maruti Asmaul Husna

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pada Februari 2019, dilaksanakan ujian seleksi pegawai pemerintah dengan perjanjian kontrak (PPPK) Tahap I secara nasional. 

Sebanyak 93 guru honorer di DIY mengikuti tes tersebut dan 50-an orang di antaranya dinyatakan lulus selang tak lama kemudian. 

Namun, saat ini pengangkatan peserta lulus seleksi PPPK Tahun 2019 Tahap I tersebut masih belum dilakukan dan menunggu turunnya SK dari pemerintah pusat. 

"Kita tunggu turunnya SK dari pusat. Memang masih ada yang belum (diangkat). Di DIY ada sekitar 50-an guru yang lolos dari yang tes sebanyak 93 orang pada Februari 2019," ujar Kepala Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) DIY, Suherman, kemarin (4/12/2020). 

Baca juga: Rekomendasi Persatuan Honorer Sekolah Negeri Indonesia untuk Pengangkatan PPPK 2021

"Namun demikian, ditanya kapan pengangkatan tersebut akan dilakukan, Suherman pun belum mengetahui. "(Kapan diangkat) belum tahu," imbuhnya. 

Menanggapi hal ini, Ketua Persatuan Honorer Sekolah Negeri Indonesia (PHSNI), Subandi yang juga merupakan seorang peserta lulus seleksi PPPK 2019 Tahap I merasa terdapat ketidakadilan dan mempertanyakan mengapa pengangkatan PPPK diundur sekian lama. 

"Kenapa yang CPNS 2019 lebih dulu diangkatnya. Padahal mereka masih baru. Sedangkan yang sudah berpuluh-puluh tahun (mengajar) ini ditelantarkan. Masa kerja saya 20 tahun (mengabdi) di sekolah negeri, tetapi enggak dianggap," tambahnya. 

Di sisi lain, Suherman sebelumnya telah mendapatkan informasi bahwa badan kepegawaian negara (BKN) pada Rabu (2/12/2020) lalu telah melakukan rapat koordinasi persiapan pengangkatan PPPK 2019 Tahap 1 dengan pihak-pihak pemerintah daerah se-Indonesia melalui daring. 

Suherman pun berharap rencana pengangkatan dirinya dan peserta lain yang lulus seleksi PPPK 2019 Tahap I dapat segera terealisasi. (Tribunjogja.com

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved