Breaking News:

Superball

Timnas U-16 Indonesia Berencana Selenggarakan TC di Sleman

Timnas U-16 Indonesia berencana melanjutkan program pemusatan latihan atau training center (TC) di Sleman pada pekan pertama Desember 2020.

Dokumentasi PSSI
Pelatih kepala Timnas U-16 Indonesia, Bima Sakti Tukiman. 

TRIBUNJOGJA.COM - Tim nasional U-16 Indonesia berencana melanjutkan program pemusatan latihan atau training center (TC) di Sleman, DI Yogyakarta pada pekan pertama Desember 2020.

Hal tersebut diungkapkan pelatih kepala Timnas U-16 Indonesia, Bima Sakti Tukiman.

"Rencananya kita akan TC kembali di tanggal 6 Desember 2020, kemungkinan diselenggarakan di Sleman," ujar Bima Sakti.

Sekadar informasi, skuat Timnas U-16 Indonesia baru saja merampungkan TC mereka untuk bulan November ini.

Baca juga: Ronaldo Kwateh, Putra Mantan Legiun Asing PSIM Yogyakarta Dipanggil TC Timnas U-16 Indonesia

Kegiatan yang sudah berlangsung di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor selama hampir satu bulan itu, diisi dengan latihan-latihan perbaikan evaluasi setelah tim ini berjumpa dua kali dengan timnas UAE U-16 dalam laga uji coba beberapa bulan yang lalu.

Tak hanya memperbaiki performa anak-anak asuhnya, Bima Sakti juga ingin membiasakan para pemainnya untuk langsung beradaptasi dengan model jadwal dan cuaca saat nanti di turnamen Piala Asia U-16.

Dirinya mengungkapkan hal itu, agar para pemainnya bisa lebih siap menghadapi turnamen tersebut.

"Di TC kita yang terakhir, kami mengadakan internal game, beberapa hari sebelumnya kami juga melakukan hal yang sama. Hal ini guna untuk membiasakan anak-anak bagaimana nanti saat menghadapi turnamen Piala Asia U-16, saya juga menyamakan jadwal seperti halnya turnamen tersebut, dimana ada waktu main, istirahat, lalu main kembali. Kemudian, saya juga ingin membiasakan para pemain untuk bermain di perubahan kondisi cuaca, seperti dari sejuk ke panas, yang kita lakukan pagi ini, hingga menjelang siang hari," jelasnya.

Baca juga: Dua Pemain PSS Sleman Perkuat Timnas U-16 di International Friendly Match di Dubai

Di samping itu, fisik, taktik dan hubungan kekompakan sesama pemain selama TC berlangsung juga sudah dapat.

"Saya melihat banyak sekali yang meningkat dari pemain, seperti kerja sama tim, koordinasi lini belakang yang selama ini menjadi kekurangan kita, saat dua kali bertemu tim UAE U-16 sudah membaik. Dimana tim harus bermain lebih dekat dan rapat lagi dalam bertahan untuk antisipasi serangan balik langsung dari lawan, agar tidak mudah ditembus lawan," kata mantan pemain tim nasional Indonesia era 1990-an itu.

Halaman
12
Penulis: R.Hanif Suryo Nugroho
Editor: Gaya Lufityanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved