Breaking News:

ADVERTORIAL

Menparekraf RI : Perlu Adanya Perubahan Quantity Tourism ke Quality Tourism

Shifting dari quantity tourism ke quality tourism dinilai sangat penting dan strategis untuk pengembangan pariwisata Indonesia ke depan.

istimewa
Tangkapan layar seminar nasional pariwisata 2020 

TRIBUNJOGJA.COM - Berdasarkan indikator, baik global maupun nasional, BI menyatakan bahwa saat ini telah terjadi proses perbaikan ekonomi.

Terkait hal tersebut, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo dalam  Seminar Nasional Pariwisata DIY Tahun 2020 memaparkan perlu adanya persiapan membuka sektor ekonomi yang produktif dan aman, khususnya pariwisata.

Ia menyatakan bahwa pariwisata juga menjadi perhatian BI, karena pariwisata merupakan sumber pertumbuhan ekonomi yang sangat potensial serta menjadi sumber penerimaan devisa.

Ia menyatakan bahwa perlu adanya kepastian protokol kesehatan dapat dilakukan dengan baik, salah satunya dengan sertifikasi.

Baca juga: Pemerintah dan Pelaku Usaha di Yogyakarta Susun Strategi Pengembangan Pariwisata

"Karena wisata di DIY banyak melibatkan banyak mobilitas manusia, seperti malioboro dan destinasi lain, tentu saja ini perlu disesuaikan, karena kita tidak mungkin mendatangkan banyak orang berbondong-bondong ke Prambanan, Borobudur, Malioboro atau tempat wisata lainnya," ungkapnya.

Terkait hal tersebut, maka perlu adanya keseimbangan paket wisata, yakni yang lebih sedikit tapi tetap mendatangkan hasil pemasukan yang besar.

Ini bisa dilakukan dengan meetings, incentives, conferences and exhibitions (MICE) dan membuat paket-paket wisata yang lebih kecil.  

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Wishnutama Kusubandio yang turut hadir dalam seminar kali ini memaparkan bahwa dalam beberapa minggu terakhir mulai dirasakan kembali geliat pariwisata di Indonesia, termasuk di DIY.

Agar kondisi ini dapat terus terjaga, maka diperlukan strategi besar kepariwisataan.

Strategi tersebut yakni shifting dari quantity tourism ke quality tourism.

Halaman
12
Penulis: Santo Ari
Editor: Gaya Lufityanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved