Breaking News:

Jawa

Komunitas-komunitas Akan Dilibatkan dalam Upaya Pelestarian Candi Borobudur

Ke depan, komunitas-komunitas diajak mengawal upaya pelestarian Candi Borobudur.

TRIBUNJOGJA.COM / Rendika Ferri
Pemandangan Candi Borobudur yang indah meski sebagian lantai atau lorong dan stupa telah ditudungi penutup dari terpaulin, Selasa (24/11/2020). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Hilmar Farid, berharap komunitas-komunitas juga diajak mengawal upaya pelestarian Candi Borobudur.

Ia mencontohkan seperti Ruwat Rawat Borobudur yang sudah berlangsung selama 17 tahun.

Kegiatan yang konsisten digelar dalam jangka waktu tak sebentar ini menunjukkan komitmen dari para warga komunitas dalam melestarikan Borobudur.

"17 tahun kegiatan Ruwat Rawat Borobudur. Saya pernah hadir dalam kegiatan itu, sangat terkesan dan ini sebuah upaya yang berangkat dari bawah mengandalkan kekuatan komunitas dan sudah berlangsung 17 tahun. Ini waktu tak sebentar dan tentunya menunjukkan komitmen dan kesungguhan peserta," tutur Hilmar, Senin (30/11/2020) dalam Gelar Budaya Kampanye Pelestarian Borobudur di Mata Anak Muda oleh Balai Konservasi Borobudur (BKB) secara virtual.

Baca juga: Kuota Ditambah, Jumlah Pengunjung Candi Borobudur Diizinkan 4.000 Per Hari

Hilmar Farid mengatakan, kegiatan seperti ruwat rawat borobudur ini diharapkan bisa berlangsung terus dengan melibatkan banyak lagi kalangan.

Borobudur saat ini juga mengalami berbagai perubahan dan perbaikan.

Ia berharap komunitas-komunitas yang selama ini mengawal pelestarian Borobudur dapat terlibat langsung, sehingga semua bisa bergotong royong dan bahu membahu memastikan pelestarian candi Borobudur.

"Saya berharap komunitas-komunitas yang selama ini mengawal pelestarian borobudur bisa terlibat langsung. BKB mohon membuka pintu yang lebar bagi semua komunitas bisa bergotong royong, bahu membahu, memastikan pelestarian Candi Borobudur bisa berlangsung baik," ujarnya.

Hilmar juga mengapresiasi pelaksanaan kegiatan terkait pelestarian dan kemajuan budaya dalam peringatan hari ulang tahun ke-29 dari Balai Konservasi Borobudur.

Halaman
12
Penulis: Rendika Ferri K
Editor: Gaya Lufityanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved