Nama Putri Diana Menjadi Trending di Twitter, BBC Siap Diinvestigasi Terkait Wawancara Tahun 1995

Nama Putri Diana menjadi trending topic di Twitter, Jumat (27/11/2020) pagi. Ternyata, netizen memberikan dukungan terhadap investigasi kepada BBC

Penulis: Bunga Kartikasari | Editor: Mona Kriesdinar
biography.com
Demi Kebebasan Pangeran Harry dan Pangeran William, Begini Pengorbanan Puteri Diana 

TRIBUNJOGJA.COM - Nama Putri Diana menjadi trending topic di Twitter, Jumat (27/11/2020) pagi. Ternyata, netizen memberikan dukungan terhadap investigasi kepada BBC dalam wawancara independen yang dilakukan pada tahun 1995.

Diketahui, Pangeran William dengan tentatif menyambut penyelidikan independen atas keadaan seputar wawancara BBC pada 1995 dengan ibunya, Putri Diana, kata pejabat kerajaan Kamis (19/11/2020).

William, yang berada di urutan kedua takhta, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa penyelidikan itu adalah langkah ke arah yang benar.

Pangeran William bersama istri dan anaknya
Pangeran William bersama istri dan anaknya (AP)

Dia menambahkan bahwa itu harus membantu membangun kebenaran di balik tindakan yang mengarah pada wawancara serta keputusan selanjutnya yang diambil oleh orang-orang di BBC pada saat itu.

BBC pada Rabu mengumumkan telah menunjuk pensiunan hakim senior untuk memimpin penyelidikan atas wawancara tahun 1995.

Hal ini lantaran saudara laki-laki Diana, Charles Spencer, membuat pengaduan baru bulan ini bahwa jurnalis Martin Bashir menggunakan dokumen palsu dan taktik tidak jujur ​​lainnya untuk meyakinkan Diana agar setuju dengan wawancara tersebut.

Penyelidikan akan mempertimbangkan apakah langkah-langkah yang diambil oleh penyiar dan Bashir sudah tepat, dan apakah tindakan tersebut memengaruhi keputusan Diana untuk memberikan wawancara.

Ini juga akan melihat seberapa banyak BBC tahu tentang rekening yang diklaim Charles Spencer telah dibuat Bashir, yang dimaksudkan untuk menunjukkan pembayaran yang dilakukan kepada staf yang bekerja untuk Spencer dan keluarga kerajaan.

Baca juga: Dibalik Jiwa Sosialnya yang Tinggi, Kisah Hidup Putri Diana Memilukan

Pangeran William (kanan) dan istrinya Kate Middleton (tengah) yang menggendong bayi kerajaan di urutan ketiga pewaris tahta Inggris, meninggalkan rumah sakit St Mary, Selasa (23/7/2013) petang waktu setempat. Tampilan pertama \\\\\\\\\\\\\\\\
Pangeran William (kanan) dan istrinya Kate Middleton (tengah) yang menggendong bayi kerajaan di urutan ketiga pewaris tahta Inggris, meninggalkan rumah sakit St Mary, Selasa (23/7/2013) petang waktu setempat. Tampilan pertama \"royal baby\" ini mendapat sambutan meriah dari warga setempat. (BEN STANSALL / AFP)

Wawancara tahun 1995, di mana Diana dengan terkenal mengatakan ‘kami bertiga dalam pernikahan ini’, merujuk pada hubungan Pangeran Charles dengan Camilla Parker-Bowles, ditonton oleh jutaan orang dan mengirimkan gelombang kejutan ke seluruh monarki.

Di awal November 2020, Mantan Pemimpin BBC Michael Grade mengatakan tuduhan bahwa Martin Bashir menggunakan pernyataan bank palsu untuk meyakinkan Putri Diana untuk melakukan wawancara 1995 adalah masalah yang sangat, sangat serius.

BBC berjanji akan melakukan penyelidikan atas klaim yang dibuat oleh Earl Spencer (atau Charles Spencer).

Earl Spencer mengatakan mantan reporter Panorama membuat klaim palsu dan memfitnah tentang bangsawan senior.

Lord Grade berkata bahwa BBC sekarang harus bertanggung jawab.

"Ada awan yang sangat gelap menggantung di atas jurnalisme BBC," kata Lord Grade program World at One Radio 4 seperti dikutip BBC.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved