Breaking News:

DPRD Kabupaten Magelang Berharap Program JPE Dilanjutkan Pada 2021

DPRD Kabupaten Magelang berharap pemerintah daerah bisa melanjutkan program JPE pada 2021 untuk dorong pergerakan ekonomi masyarakat di masa Covid-19.

Dok. Humas Pemkot Magelang
Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Ahmad Sarwo Edi 

TRIBUNJOGJA.COM - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Magelang berharap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magelang daerah bisa melanjutkan program Jaringan Pengaman Ekonomi (JPE) pada 2021.

Pasalnya, program yang dinilai efektif mendorong pergerakan ekonomi masyarakat di tengah pandemi Covid-19 itu, saat ini belum mampu menyentuh seluruh masyarakat pelaku ekonomi.

Terkait hal itu, Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), Ahmad Sarwo Edi menuturkan, Indonesia sekarang ini masuk ke dalam jurang resesi akibat Covid-19. Hal ini terlihat dari data PDB Indonesia.

Berdasarkan rilis Badan Pusat Statistik (BPS), ia menyebut, Produk Domstik Bruto (PDB) Indonesia pada kuartal III tahun 2020 minus 3,49 persen.

"Oleh karenanya, kami kira, JPE masih perlu dianggarkan untuk tahun 2021 dengan kemampuan keuangan yang ada,” tutur Edi, Jumat (27/11/2020).

Sementara itu, Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Magelang mengatakan, usulan tersebut selaras dengan tema Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2021, yakni Kesejahteraan Masyarakat dan Peningkatan Ekonomi.

Pemekab setempat pun berkewajiban untuk menggerakkan ekonomi berkesejahteraan.

”Kriterianya nanti harus diperketat. Jangan sampai masyarakat yang sudah mendapat bantuan dari pusat, dapat lagi,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Mahfud mengatakan, fraksinya sepakat jika program bantuan stimulus juga diberikan tahun 2021.

Terlebih menurut Mahfud, Kabupaten Magelang memiliki jumlah penduduk sekitar 1,2 juta orang dengan jumlah usahawan yang tidak sedikit.

Halaman
123
Penulis: Maria Arimbi Haryas Prabawanti
Editor: Mikhael Gewati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved