Breaking News:

Peringatan Dini Cuaca Ekstrem

Peringatan Dini BMKG Kamis 26 November 2020, Daftar Provinsi yang Berpotensi Terjadi Cuaca Ekstrem

Peringatan Dini BMKG Kamis 26 November 2020, Daftar Provinsi yang Berpotensi Terjadi Cuaca Ekstrem

Science Daily
Ilustrasi. 

TRIBUNJOGJA.COM, JAKARTA - Berikut daftar provinsi yang berpotensi terjadi cuaca ekstrem sesuai dengan peringatan dini yang dikeluarkan oleh BMKG pada Kamis (26/11/2020).

BMKG sendiri mengeluarkan peringatan dini potensi cuaca ekstrem mulai dari hujan deras disertai petir hingga angin kencang pada Kamis hari ini.

Warga yang tinggal di wilayah berpotensi terjadi cuaca ekstrem diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan sebagai langkah antisipasi jika sewaktu-waktu terjadi bencana hidrologi.

Daerah yang berpotensi terjadi cuaca eksrem ini hampir merata di seluruh wilayah Indonesia dimana saat ini sudah memasuki musim penghujan.

BMKG mencatat ada 26 provinsi yang berpotensi terjadi cuaca ekstrem pada Kamis 26 November hari ini.

Cuaca ekstrem tersebut dipicu sirkulasi Siklonik terpantau di perairan Barat Aceh (925-850mb), di Kepulauan Riau (925-900mb) yang membentuk konvergensi memanjang di perairan Utara Aceh, di Laut Natuna dan perairan barat Sumatra Barat.

Sirkulasi siklonik lainnya juga terpantau di perairan Utara Pulau Kalimantan (925-850mb) dan di perairan Utara Maluku Utara (925-800mb) yang membentuk konvergensi memanjang di perairan Utara Pulau Kalimantan, di kalimantan Barat bag Utara, dari Kalimantan Timur hingga Sulawesi Tengah dan di Laut Sulawesi.

Kondisi ini dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Daerah perlambatan kecepatan angin/konvergensi terpantau memanjang di perairan Barat Lampung, Jawa Barat bagian Selatan, dari Jawa Timur hingga Laut Jawa, di perairan selatan Jawa Timur, di NTT, dari Kalimantan Barat hingga Kalimantan Tengah, dari Selat Makassar hingga Sulawesi Tenggara, dan di Papua Barat.

Baca juga: Peringatan Dini BMKG: Kamis Besok, Waspadai Hujan Lebat dan Angin Kencang di Sejumlah Wilayah Ini

Baca juga: Peringatan Dini BMKG: Daftar Wilayah yang Berpotensi Dilanda Cuaca Ekstrem untuk Selasa Esok Hari

Wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang adalah:

Halaman
1234
Editor: Hari Susmayanti
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved