Breaking News:

Superball

Eks Legiun Asing PSIM Yogyakarta Kembangkan Akademi Sepak Bola Bersama Sang Kakak

Roberto Kwateh saat ini mengembangkan akademi sepak bola di Bantul bersama sang kakak, Julius Kwateh, yang diberi nama JK Academy.

Dokumentasi JK Academy
Mantan pemain asing PSIM Yogyakarta musim 2013, Roberto Kwateh. 

TRIBUNJOGJA.COM - Setelah lama memutuskan gantung sepatu, mantan legiun asing PSIM Yogyakarta musim 2003, Roberto Kwateh menaruh perhatian atau concern pada pembinaan sepak bola usia muda.

Roberto Kwateh saat ini dipercaya mengemban jabatan sebagai pelatih di akademi Persib Bandung U-15.

Namun di samping itu, pelatih berlisensi C AFC ini juga tengah mengembangkan akademi sepak bola di Bantul bersama sang kakak, Julius Kwateh, yang diberi nama JK Academy.

Adapun JK Academy yang rutin berlatih di Lapangan Tamanan, Banguntapan, Bantul ini terdiri dari tiga kelompok usia, dari 15 tahun, 18 tahun, dan 21 tahun.

Roberto Kwateh yang menjabat posisi pelatih di JK Academy menjelaskan, akademi yang ia rintis bersama sang kakak memiliki tujuan untuk mempersiapkan pesepak bola muda agar siap ke jenjang profesional, bukan sekadar hobi.

Baca juga: Komunitas Sepak Bola Oranje Jogja, Olahraga Sembari Jalin Silaturahmi

Untuk itu, Roberto Kwateh fokus menggembleng sekira 80 anak didik di JK Academy dengan berbagai latihan mulai dari fisik, taktik, strategi, serta attitude di dalam maupun luar lapangan.

"Tapi paling utama ialah attitude, setelah itu fisik dan kemampuan taktik. Kita selama ini punya masalah pemain profesional yang lambat mencerna strategi pelatih," ungkap Roberto Kwateh beberapa waktu lalu.

"Ini yang kami tidak mau, pemain harus paham berbagai cara bermain sejak di level akademi. Jadi ketika masuk tim profesional atau bahkan tim nasional, dia sudah siap," imbuh pria kelahiran Liberia ini.

Lebih lanjut Roberto Kwateh menjelaskan, pemain binaan JK Academy juga diberi kesempatan untuk menimba ilmu dari pesepak bola profesional Indonesia. Sebagaimana beberapa waktu lalu JK Academy beruji tanding dengan kontestan Liga 2, PSIM Yogyakarta dan beberapa klub profesional lainnya.

Beberapa pemain profesional di antaranya Zah Rahan, Yevhen Bokhashvili dan Batata juga kerap kali turut dalam program latihan JK Academy saat liga libur.

Halaman
12
Penulis: R.Hanif Suryo Nugroho
Editor: Gaya Lufityanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved