Breaking News:

Kpop

Di Korea Selatan, Meski Marak Layanan Streaming Musik, Namun Fans Tetap Beli Album Fisik

Jika Anda berpikir bahwa album fisik tidak laku lagi, mungkin ada benarnya. Apalagi, layanan streaming digital, akhir-akhir ini meroket dan memudahkan

Penulis: Bunga Kartikasari
Editor: Mona Kriesdinar
entertain.naver
BTS 

TRIBUNJOGJA.COM - Jika Anda berpikir bahwa album fisik tidak laku lagi, mungkin ada benarnya.

Apalagi, layanan streaming digital, akhir-akhir ini meroket dan memudahkan orang untuk mendengarkan satu album hanya via gawai.

Dari sini, sepertinya tidak ada alasan untuk membeli album fisik.

Namun ternyata, teori tersebut tidak berlaku di Korea Selatan. Penikmat musik dari negeri ginseng itu masih suka beli album fisik.

Dilansir dari portal berita Korea Selatan, setidaknya ada 400 album K-Pop terpopuler yang jika ditotal mampu terjual hingga 25 juta keping.

Red Velvet
Red Velvet (Koreaboo)

Semakin kesini, angka tersebut mulai bertambah dan diperkirakan akan melonjak menjadi 35 juta, menurut Gaon Chart, yang melacak penjualan album di dalam dan luar negeri.

Gaon, yang diluncurkan oleh Kementerian Kebudayaan, Olahraga dan Pariwisata dan Asosiasi Industri Konten Musik Korea pada tahun 2010, dianggap sebagai salah satu tangga lagu album / streaming paling kredibel di Korea.

"Menurut data kami, lebih dari 30 juta album terjual dari Januari hingga Oktober tahun ini, tetapi jumlahnya pasti akan melebihi 35 juta pada akhir tahun 2020 berkat BTS, yang baru saja merilis album baru 'BE (Deluxe Edition)' pada 20 November," kata Kim Jin Woo, kepala peneliti di Gaon seperti yang dikutip Tribun Jogja dari sumber media Korea Selatan.

"BTS biasanya menjual lebih dari 4 juta kopi untuk setiap album," imbuhnya.

Mengapa orang membeli album fisik?

Blackpink
Blackpink (YG Entertainment)
Halaman
1234
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved