Breaking News:

Sport

Pelatih Puslatda Panjat Tebing Selektif Pilih Atlet Demi Penuhi Target di PON XX Papua 2021

KONI DI Yogyakarta menargetkan satu medali emas dapat diraih cabang olahraga panjat tebing pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 mendatang.

istimewa
Atlet panjang tebing Puslatda PON XX DI Yogyakarta, Dyah Puspitaningtyas saat menjalani latihan di papan panjat tebing Mandala Krida beberapa waktu lalu. 

TRIBUNJOGJA.COM - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) DI Yogyakarta menargetkan satu medali emas dapat diraih cabang olahraga panjat tebing pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, 2021 mendatang.

Demi memenuhi target tersebut, tim pelatih panjat tebing Pemusatan Latihan Daerah (Puslatda) PON XX DI Yogyakarta akan sangat selektif memilih atlet.

"Semoga dengan kerja keras kami bisa memberikan yang terbaik. Apalagi tim nanti akan bertemu lawan yang merata. Tapi pesaing terberat dari Jawa Timur, Jawa Tengah, dan DKI Jakarta," ujar Pelatih Puslatda Panjat Tebing, Sultoni Sulaiman.

Sekadar informasi, saat ini ada sebanyak delapan atlet panjat tebing yang tercantum dalam SK Puslatda PON DIY.

Kedelapan atlet tersebut ialah Seto, Fari, Andika, Surya Agung Pangestu, Rahmayuna Fadilla, Amelia Windy Ariesta, Dyah Puspitaningtyas, dan Sukma Lintang Cahyani.

Baca juga: Di Tengah Pandemi, KONI DIY Dorong Cabor Gelar Kompetisi Virtual

Dari kedelapan atlet tersebut, hanya tiga atlet yang lolos menuju PON sesuai hasil saat Pra-PON di Jawa Timur tahun 2019 lalu yakni, Rahma Yuna Fadila, Dyah Puspita Ningtyas dan Sukma Lintang Cahyaning.

Ketiganya berhasil meraih medali perak di nomor speed relay putri.

Hanya saja, tak ada jaminan bagi ketiga atlet yang lolos PON sesuai kriteria KONI tersebut untuk berangkat ke Papua.

Pasalnya, tim pelatih panjat tebing menerapkan sistem promosi degradasi untuk atlet yang nantinya akan berlaga PON XX Papua.

Sulthoni menjelaskan, promosi- degradasi dilakukan untuk memberi peluang bagi atlet lain yang mau ikut bergabung latihan di Puslatda

Halaman
12
Penulis: R.Hanif Suryo Nugroho
Editor: Gaya Lufityanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved