Breaking News:

UPDATE Aktivitas Gunung Merapi Terkini, Sehari Terdengar 10 Kali Suara Guguran

Sebanyak 9 kali suara guguran dengan kekuatan suara lemah hingga sedang dari Pos PGM Babadan dan sebanyak 1 kali (lemah) dari PGM Kaliurang.

twitter BPPTKG
Kondisi Gunung Merapi pada Sabtu 21 November 2020 pukul 05.46 WIB yang dipantau via PGM Babadan. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Maruti Asmaul Husna

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) pada Sabtu (21/11/2020) melaporkan hasil amatan Gunung Merapi sehari sebelumnya.

Pada Jumat (20/11/2020) pukul 00.00-24.00 WIB terdengar suara guguran dengan intensitas yang cukup banyak dibanding hari-hari sebelumnya.

Yakni, sebanyak 9 kali suara guguran dengan kekuatan suara lemah hingga sedang dari Pos Pengamatan Gunung Merapi (PGM) Babadan dan sebanyak 1 kali (lemah) dari PGM Kaliurang. 

Selain itu, intensitas kegempaan Gunung Merapi juga tercatat meningkat, yakni 59 gempa guguran, 385 gempa hybrid/fase banyak, 45 gempa vulkanik dangkal, 1 gempa tektonik, dan 69 gempa hembusan. 

Baca juga: Gunung Merapi Selama Seminggu, Terjadi Perubahan Morfologi Kubah

Laju rata-rata deformasi atau penggembungan tubuh Gunung Merapi dalam periode tersebut melalui pantauan menggunakan electronic distance measurement (EDM) Babadan adalah sebesar 12 cm/hari.

"Secara visual asap berwarna putih, intensitas tebal dengan ketinggian 50 m di atas puncak," ungkap Kepala BPPTKG, Hanik Humaida, Sabtu (21/11/2020).

Untuk potensi bahaya, lanjut Hanik, saat ini masih sesuai rekomendasi, yaitu guguran lava, lontaran material vulkanik dari erupsi eksplosif, dan awan panas sejauh maksimal 5 km dari puncak Merapi.

Sejak 5 November 2020, BPPTKG telah menetapkan Gunung Merapi berstatus Siaga (level III).

Dengan status tersebut, BPPTKG menyimpulkan prakiraan daerah bahaya meliputi Kabupaten Sleman, DIY, di Kecamatan Cangkringan; Desa Glagaharjo (Dusun Kalitengah Lor), Desa Kepuharjo (Dusun Kaliadem), dan Desa Umbulharjo (Dusun Palemsari).

Halaman
12
Penulis: Maruti Asmaul Husna
Editor: Gaya Lufityanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved