Breaking News:

UPDATE Aktivitas Gunung Merapi Terkini, Sehari Terdengar 10 Kali Suara Guguran

Sebanyak 9 kali suara guguran dengan kekuatan suara lemah hingga sedang dari Pos PGM Babadan dan sebanyak 1 kali (lemah) dari PGM Kaliurang.

Penulis: Maruti Asmaul Husna | Editor: Gaya Lufityanti
twitter BPPTKG
Kondisi Gunung Merapi pada Sabtu 21 November 2020 pukul 05.46 WIB yang dipantau via PGM Babadan. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Maruti Asmaul Husna

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) pada Sabtu (21/11/2020) melaporkan hasil amatan Gunung Merapi sehari sebelumnya.

Pada Jumat (20/11/2020) pukul 00.00-24.00 WIB terdengar suara guguran dengan intensitas yang cukup banyak dibanding hari-hari sebelumnya.

Yakni, sebanyak 9 kali suara guguran dengan kekuatan suara lemah hingga sedang dari Pos Pengamatan Gunung Merapi (PGM) Babadan dan sebanyak 1 kali (lemah) dari PGM Kaliurang. 

Selain itu, intensitas kegempaan Gunung Merapi juga tercatat meningkat, yakni 59 gempa guguran, 385 gempa hybrid/fase banyak, 45 gempa vulkanik dangkal, 1 gempa tektonik, dan 69 gempa hembusan. 

Baca juga: Gunung Merapi Selama Seminggu, Terjadi Perubahan Morfologi Kubah

Laju rata-rata deformasi atau penggembungan tubuh Gunung Merapi dalam periode tersebut melalui pantauan menggunakan electronic distance measurement (EDM) Babadan adalah sebesar 12 cm/hari.

"Secara visual asap berwarna putih, intensitas tebal dengan ketinggian 50 m di atas puncak," ungkap Kepala BPPTKG, Hanik Humaida, Sabtu (21/11/2020).

Untuk potensi bahaya, lanjut Hanik, saat ini masih sesuai rekomendasi, yaitu guguran lava, lontaran material vulkanik dari erupsi eksplosif, dan awan panas sejauh maksimal 5 km dari puncak Merapi.

Sejak 5 November 2020, BPPTKG telah menetapkan Gunung Merapi berstatus Siaga (level III).

Dengan status tersebut, BPPTKG menyimpulkan prakiraan daerah bahaya meliputi Kabupaten Sleman, DIY, di Kecamatan Cangkringan; Desa Glagaharjo (Dusun Kalitengah Lor), Desa Kepuharjo (Dusun Kaliadem), dan Desa Umbulharjo (Dusun Palemsari).

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved