Breaking News:

CPNS 2019

Jika Tak Memenuhi Syarat Ini, Peserta yang Lolos CPNS 2019 Bisa Digantikan

Peserta CPNS 2019 bisa digantikan jika mengundurkan diri maupun dianggap mengundurkan diri karena tidak melengkapi dokumen sesuai batas waktu

Editor: Rina Eviana
AFP/JUNI KRISWANTO
ILUSTRASI - Peserta ujian SKB CPNS 2019 di Surabaya, Selasa (22/9/2020). 

Tribunjogja.com - Rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi tahun 2019 telah sampai ke tahap pemberkasan secara online.

Diketahui, sejumlah instansi yang mengalokasikan kursi dalam rekrutmen CPNS 2019 telah mengumumkan hasil seleksi akhir, dari integrasi nilai seleksi kompetensi dasar (SKD) dan seleksi kompetensi bidang (SKB).

Peserta yang dinyatakan lolos selanjutnya diminta melakukan pengisian daftar riwayat hidup (DRH) dan mengunggah dokumen yang disyaratkan.

Ilustrasi: Peserta CPNS melihat pengumuman dan  jadwal sesi ujian SKD Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2019 di papan pengumuman di GOR Samapta, Kota Magelang, Minggu (2/2/2020) silam.
Ilustrasi: Peserta CPNS melihat pengumuman dan jadwal sesi ujian SKD Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2019 di papan pengumuman di GOR Samapta, Kota Magelang, Minggu (2/2/2020) silam. (TRIBUNJOGJA.COM / Rendika Ferri)

Akan tetapi, perlu dicatat, peserta CPNS 2019 bisa digantikan jika mengundurkan diri maupun dianggap mengundurkan diri karena tidak melengkapi dokumen sesuai batas waktu yang ditentukan.

Plt Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Hukum dan Kerja sama Badan Kepegawaian Negara (BKN) Paryono mengatakan peserta yang mengundurkan diri atau dianggap mengundurkan diri, posisinya dapat digantikan peserta lain.

Baca juga: Ini Syarat Guru Honorer Bisa Jadi Aparatur Sipil Negara (ASN) Mulai 2021

"Mekanisme penggantian peserta yang mengundurkan diri atau dianggap mengundurkan diri karena tidak menyampaikan kelengkapan dokumen sesuai batas waktu yang ditentukan atau meninggal dunia dilakukan sesuai dengan Peraturan BKN Nomor 14 Tahun 2018 tentang Petunjuk Teknis Pengadaan PNS," kata Paryono dalam siaran persnya, Senin (16/11/2020) malam.

Paryono menjelaskan, mekanisme penggantiannya dilakukan melalui Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) instansi masing-masing.

"PPK melaporkan kepada BKN dengan melampirkan surat pengunduran diri peserta," ujar dia. Selanjutnya, PPK mengambil nama peserta seleksi urutan selanjutnya dari peringkat tertinggi sesuai hasil integrasi nilai SKD dan SKB pada lowongan formasi jabatan.

Peserta pengganti ditetapkan dengan keputusan PPK yang dilaporkan secara tertulis kepada ketua panitia seleksi nasional pengadaan PNS dan BKN, untuk kemudian diumumkan kepada masyarakat. Paryono menegaskan tahapan pemberkasan diperpanjang sampai 21 November 2020.

Peserta CPNS 2019 diharapkan melakukan pemberkasan sebelum batas waktu tersebut.

UPDATE Tes SKB CPNS dari BKN, Syarat dan Cara Peserta Ikut Ujian Seleksi Kompetensi Bidang di Era Covid-19
UPDATE Tes SKB CPNS dari BKN, Syarat dan Cara Peserta Ikut Ujian Seleksi Kompetensi Bidang di Era Covid-19 (ist)
Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved