Breaking News:

Superball

Komunitas Sepak Bola Oranje Jogja, Olahraga Sembari Jalin Silaturahmi

Oranje Jogja merupakan sebuah komunitas penggemar permainan totaal voetbal tim Oranje atau yang identik dengan gaya sepak bola Belanda.

Penulis: R.Hanif Suryo Nugroho
Editor: Gaya Lufityanti
istimewa
Komunitas sepak bola Oranje Jogja 

TRIBUNJOGJA.COM - Tentu tak bisa dipungkiri apabila sepak bola menjadi olaharaga yang paling digemari bukan hanya di Indonesia namun juga dunia.

Tingginya antusias masyarakat mengolah si kulit bundar, diiringi makin banyaknya sejumlah komunitas sepakbola yang bermunculan.

Nah di DI Yogyakarta, ada komunitas pecinta sepak bola yakni Oranje Jogja.

Oranje Jogja merupakan sebuah komunitas penggemar permainan totaal voetbal tim Oranje atau yang identik dengan gaya sepak bola Belanda.

Baca juga: Jogja Football Camp Diharapkan Dapat Cetak Bibit Unggul Pemain Sepak Bola dari Kulon Progo

"Secara hirarkis, kami merupakan bagian dari Oranje Indo yang berpusat di Jakarta," ujar Ketua Oranje Jogja, Andi Setiawan, Selasa (17/11/2020).

Dijelaskan Andy, selain menggelar nonton bareng tim oranje (julukan timnas Belanda, komunitas Oranje Jogja ini kemudian juga aktif bertransformasi menjadi sebuah komunitas sepak bola 'Oranje Jogja Voetball Bond' (Orjo VB).

"Orjo VB latihan rutin internal setiap hari rabu di Lapangan Danhanud AAU Berbah. Anggota kami saat ini berjumlah lebih dari 30 orang, dari berbagai kalangan, profesi, dan kelompok umur. Anggota termuda berumur 16 tahun," jelas Andi.

"Sepakbola di Orjo VB menjunjung tinggi sportivitas, fun football, dan bertujuan menambah pertemanan," tambahnya.

Baca juga: Webinar Kompetisi, Antara Bisnis dan Kemanusiaan, Mengulas Kompetisi Sepak Bola Indonesia

Ia tak memungkiri, situasi pandemi Covid-19 saat ini pun menjadi tantangan tersendiri bagi komunitas Oranje Jogja.

Untuk itu, menjalankan protokol kesehatan ketat menjadi kewajiban anggota Oranje Jogja setiap menjalani latihan sepak bola rutin.

"Tetap aktif saat pandemi jadi sebuah tantangan. Protokol kesehatan kami terapkan dengan ketat. Screening suhu tubuh, jaga jarak, serta tidak diperkenankan meludah di area lapangan menjadi sebuah keharusan," ujarnya.

"Orjo VB bukan komunitas eksklusif, kami terbuka buat siapa saja yang mau bergabung. Tidak harus suka tim oranje atau jago main bola. Cukup niat baik, ingin olahraga, menambah teman, dan pastinya follow instagram kami, @oranjejogja," pungkasnya. (TRIBUNJOGJA.COM)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved