Breaking News:

Dukung Pengembangan Film Dalam Negeri, Spanyol Pungut Pajak untuk Netflix dan Platform Lain

Tidak hanya di Indonesia, di sebagian besar dunia, bioskop harus tutup untuk menekan penyebaran virus corona. Maka, banyak orang beralih menggunakan

Penulis: Bunga Kartikasari | Editor: Rina Eviana
Techspot
Biaya berlangganan netflix mobile 

TRIBUNJOGJA.COM - Tidak hanya di Indonesia, di sebagian besar dunia, bioskop harus tutup untuk menekan penyebaran Virus Corona.

Maka, banyak orang beralih menggunakan platform seperti Netflix dan Disney+ untuk menonton film.

Di Spanyol, pemerintah sedang mempersiapkan undang-undang yang akan mengenakan pajak 5,0 persen pada raksasa dunia entertainment seperti Netflix.

Dana tersebut nantinya bisa digunakan untuk meningkatkan produksi sinematika di Spanyol.

Rancangan undang-undang yang akan mengenakan pajak pada platform hiburan online berdasarkan pendapatan yang dihasilkan di Spanyol itu berupaya untuk membawa undang-undang yang ada sejalan dengan realitas pasar di mana pemutar audiovisual baru menghasilkan pendapatan berlipat ganda sebagai hasil dari teknologi baru.

Ilustrasi Netflix
Ilustrasi Netflix (KOMPAS.com/Wahyunanda Kusuma P)

Reformasi tersebut merupakan bagian dari strategi pemerintah Digital Spain 2025, yang salah satunya bertujuan untuk meningkatkan daya tarik negara sebagai salah satu lokasi paling menarik untuk syuting film dan serial.

RUU tersebut memperluas kewajiban untuk mendanai produksi audiovisual Eropa kepada penyedia yang menawarkan layanan di Spanyol bahkan jika mereka tidak berbasis di sana.

Baca juga: 4 Hal yang Harus Diperhatikan saat Menonton Bioskop di Masa Pandemi Covid-19

RUU itu turut mencakup platform seperti Netflix, HBO, Disney dan Amazon Prime Video yang banyak

"Penyedia dengan omset lebih dari 50 juta euro yang dihasilkan dari layanan di Spanyol harus mengalokasikan 5,0 persen dari pendapatan ini untuk membiayai karya audiovisual Eropa atau sebagai kontribusi untuk Dana Perlindungan Sinematografi," kata pemerintah Spanyol, beberapa waktu lalu.

Dari jumlah itu, 70 persen harus digunakan untuk membiayai karya audiovisual oleh produser independen, dan minimal 40 persen harus digunakan untuk mendanai film independen dalam bahasa resmi Spanyol mana pun.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved