Breaking News:

Berita Kesehatan

Penjelasan Kenapa Stres Bisa Picu Naiknya Kadar Gula Darah Penderita Diabetes

Stres, baik stres fisik maupun stres mental, telah terbukti memicu perubahan kadar gula darah, yang bagi penderita diabetes bisa menjadi masalah

Penulis: Mona Kriesdinar | Editor: Mona Kriesdinar
IST
Ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM - Stres, baik stres fisik maupun stres mental, telah terbukti memicu perubahan kadar gula darah, yang bagi penderita diabetes bisa menjadi masalah.

Meskipun stres dapat memengaruhi pengendalian diabetes, baik secara langsung maupun tidak langsung, stres juga dapat disebabkan oleh berbagai faktor diabetes seperti didiagnosis dengan diabetes, menyesuaikan diri dengan rejimen pengobatan diabetes, atau menangani tekanan psikososial dari penyakit tersebut.

Baca juga: Kumpulan Herbal atau Obat Alami untuk Turunkan Gula Darah Penderita Diabetes

Definisi Stres

Ilustrasi stres
Ilustrasi stres (ukat.co.uk)

Sederhananya, stres adalah keadaan ketegangan atau ketegangan emosional yang terjadi ketika kita merasa bahwa kita tidak dapat mengatasi tekanan.

Saat kita stres, tubuh dengan cepat merespons dengan melepaskan hormon yang memberi sel akses ke energi yang tersimpan - lemak dan glukosa - untuk membantu tubuh menjauh dari bahaya.

Baca juga: Perhatikan! Ini yang Harus Dilakukan Jika Anda Berisiko Tinggi Terkena Diabetes

Respons fisiologis naluriah terhadap ancaman yang dirasakan ini dikenal sebagai respons "melawan atau lari".

Seiring waktu, stres fisik dan mental dapat membuat kita lelah secara mental dan menyebabkan depresi dan masalah kesehatan mental lainnya.

Penyebab Stres

Kita hidup dalam masyarakat yang sangat stres yang terus menerus membuat kita tertekan. Tekanan ini terkadang terlalu berat untuk ditangani, membuat kita merasa "stres".

Baca juga: Waspadai Warna Gelap di Lipatan Kulit Leher dan Ketiak Bisa Jadi Gejala Diabetes

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved