Breaking News:

Asam Lambung

Penjelasan Mengapa Stres Bisa Memicu Naiknya Asam Lambung

Asam lambung naik atau refluks asam adalah kondisi yang terjadi ketika cairan asam di lambung bocor dan mengalir naik balik ke kerongkongan (esofagus)

Editor: Rina Eviana
Shutterstock
Ilustrasi 

Tribunjogja.com - Penyakit asam lambung bisa kambuh kapan saja secara tiba-tiba. Jika kambuh maka rasa sakit perut, mulut terasa asam atau pahit, heartburn, sakit tenggorokan, atau rasa tidak nyaman di bagian tengah atau atas perut terasa.

Ada banyak faktor penyebab asam lambung kambuh di antaranya salah makan dan stres.

Asam lambung naik atau refluks asam adalah kondisi yang terjadi ketika cairan asam di lambung bocor dan mengalir naik balik ke kerongkongan (esofagus).

Ilustrasi
Ilustrasi (Emily Frost)

Asam lambung naik dan kecemasan memang memiliki hubungan yang erat. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa kecemasan dapat memperburuk gejala refluks asam.

Kecemasan dan stres juga dapat menjadi faktor penyebab terjadinya asam lambung naik dalam beberapa kasus.

Begitu juga sebaliknya, refluks asam dapat membuat stres dan dapat menyebabkan kecemasan pada beberapa orang. Apa hubungan antara kecemasan dan asam lambung naik?

Melansir Medical News Today, ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa stres dan kecemasan dapat memicu naiknya asam lambung atau memperburuk gejala.

Misalnya, sebuah studi pada 2018 yang melibatkan lebih dari 19.000 orang menemukan bahwa mereka yang mengalami kecemasan lebih mungkin mengalami gejala gastroesophageal reflux disease ( GERD).

Para peneliti mengajukan beberapa kemungkinan alasan fisik untuk ini:

-Kecemasan dapat mengurangi tekanan pada sfingter esofagus bagian bawah, yang merupakan pita otot yang menjaga perut tetap tertutup dan mencegah asam bocor ke kerongkongan

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved