Penanganan Covid

Tes Swab Menyasar Pemudik dan Pelaku Wisata Di Yogya Selama Liburan Cuti Bersama

Tes Swab Menyasar Pemudik dan Pelaku Wisata Di Yogya Selama Liburan Cuti Bersama

Penulis: Miftahul Huda | Editor: Yudha Kristiawan
Tribunjogja/ Sri Cahyani Putri
Ilustrasi : Wisatawan memadati setiap area Pantai Glagah pada Kamis (29/10/2020). 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan lakukan Swab massal bagi pelaku wisata, dan pemudik yang sudah memasuki DIY sejak 28 Oktober 2020 kemarin hingga Minggu (1/11/2020).

Rencananya 700 hingga 900 jatah Swab regular akan difokuskan kepada pelaku wisata dan pemudik yang memasuki DIY sejak cuti bersama Maulid Nabi kemarin berlaku.

Sekretaris Daerah (Sekda) DIY Kadarmanta Baskara Aji mengatakan, pihaknya akan memindahkan fokus terhadap pengambilan sampel Swab kepada pelaku wisata, dan pemudik yang masuk ke DIY.

"Kalau penambahan sampel saya rasa tidak perlu. Tapi memindahkan fokus terhadap sampel swab terutama di destinasi wisata dan pelaku wisata," katanya dalam kesempatan via zoom, Minggu (1/11/2020)

Baca juga: Pantai Gunungkidul, Gunung Api Purba Nglanggeran, Air Terjun Sri Getuk Diserbu Wisatawan

Baca juga: Berkah Liburan, Penginapan di Yogya penuh. Wisatawan Wajib Patuhi Protokoler Kesehatan

Pemindahan fokus pengambilan sampel tersebut dilakukan supaya mengetahui sejauh mana penyebaran Covid-19 di DIY selama lima hari libur panjang kali ini.

Aji sapaan akrabnya ini menyadari, hampir seluruh destinasi wisata di DIY dipenuhi wisatawan saat libur panjang.

Namun demikian, test swab tidak dilakukan secara random melainkan pengambilan sampel dilakukan secara proporsional.

Hal itu lantaran pemerintah DIY tidak menambah kapasitas Swab, melainkan mengalihkan fokus 700 hingga 900 uji swab kepada pelaku wisata dan pemudik saat libur panjang.

"Kalau target Swab di DIY perhari 700-900 itu sudah cukup. Hanya dialihkan fokusnya. Kemungkinan bukan pelaku wisata saja, pemudik juga. Dan tidak perlu penambahan karena secara aturan target perminggu 38.000 sudah terpenuhi," tegasnya

Aji menegaskan, saat libur panjang kali ini bukan hanya wisatawan saja yang memasuki DIY, namun juga para pemudik yang berbulan-bulan belum dapat kembali ke kampung halaman, saat cuti bersama kemarin turut pulang.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved