Breaking News:

Di Hadapan DWS, Warga Karanggawang Harapkan Pelatihan Ternak Mandiri Pakan

Calon Bupati Sleman nomor urut 1, Danang Wicaksana Sulistya (DWS) bersilaturahmi dengan masyarakat di Dusun Karanggawang, Mororejo

Editor: Ikrob Didik Irawan
ist
Calon Bupati Sleman nomor urut 1 Danang Wicaksana Sulistya (DWS) berdialog dengan warga Karanggawang, Mororejo, Tempel Sleman 

TRIBUNJOGJA.COM - Calon Bupati Sleman nomor urut 1, Danang Wicaksana Sulistya (DWS) bersilaturahmi dengan masyarakat di Dusun Karanggawang, Mororejo, Tempel, Sleman, Sabtu (24/10/2020).

Dihadiri puluhan Kepala Keluarga (KK) dan ibu-ibu, DWS menerima banyak keluhan mengenai pelaksanaan program Kartu Tani dari pemerintah pusat yang dirasa masih terlalu rumit dalam pelaksanaanya.

Pada kesempatan tersebut, selain bertemu masyarakat, DWS juga mengunjungi kandang penggemukan sapi milik Hari Setyo, dan berbincang mengenai seluk beluk dan kendala dalam proses penggemukan sapi.

Pemuda 24 tahun yang mulai mengelola kandang sapi milik ayahnya sejak 2 tahun lalu ini mengungkapkan keinginannya untuk bisa memproduksi pakan konsetrat sendiri untuk kebutuhan ternak peliharaannya.

"Kalau besok Mas Danang jadi (bupati), tolong saya diberi pelatihan membuat pakan konsentrat. Kalau saya bisa bikin pakan sendiri, ongkos produksi bisa ditekan, kemudian harga sapi saya bisa bersaing," kata Hari kepada DWS.

Saat ini, ada 13 ekor sapi yang mengisi kandang penggemukan miliknya. Hari mengaku, anakan sapi atau pedhet didapatnya dari pasar-pasar hewan yang berada di sekitaran DIY.

Hari menambahkan, setelah mengalami proses penggemukan selama enam bulan, sapi dari kandang miliknya akan diambil oleh beberapa Rumah Pemotongan Hewan (RPH) yang berada di wilayah DIY.

Hari berharap, Bupati Sleman mendatang bisa lebih memperhatikan nasib para peternak seperti dirinya.

Menanggapi hal itu, DWS menyatakan kesiapannya mendukung upaya peternak untuk mandiri pakan. Peternakan, bersama pertanian, UMKM dan industri kreatif mendapatkan perhatian pasangan DWS-ACH. Potensi-potensi ekonomi yang saat ini masih belum terpetakan menurut dia harus mendapat sentuhan.

"Semua potensi harus kita petakan, karena salah satu yang utama bagi DWS-ACH adalah pemulihan ekonomi warga Sleman paskapandemi Covid-19. Jadi semua potensi harus kita kerahkan," katanya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved