Breaking News:

Jawa

Wali Kota Magelang Ambil Sumpah 172 PNS

Sumpah/janji PNS diambil langsung oleh Wali Kota Magelang selaku Pejabat Pembina Kepegawaian Pemkot Magelang, didampingi para Rohaniwan.

istimewa
Sebanyak 172 orang Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang diambil sumpah/janji sebagai PNS di Pendopo Pengabdian Kota Magelang pada Senin (19/10/2020). 

TRIBUNJOGJA.COM - Sebanyak 172 orang Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang diambil sumpah/janji sebagai PNS di Pendopo Pengabdian Kota Magelang pada Senin (19/10/2020).

Dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, sumpah/janji PNS diambil langsung oleh Wali Kota Magelang selaku Pejabat Pembina Kepegawaian Pemkot Magelang, didampingi para Rohaniwan.

Kegiatan ini juga disaksikan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Magelang serta beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Magelang.

Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Magelang, Aris Wicaksono menjelaskan, pengambilan sumpah/janji PNS yang dilakukan menurut agama atau kepercayaan masing-masing ini merupakan satu di antara syarat seorang CPNS diangkat sebagai PNS.

Baca juga: Berkenalan dengan Cikal Bakal Sepeda Modern, Velocipede 1863 Reproduksi Warga Kota Magelang

Sebelumnya mereka sudah menerima surat keputusan (SK) pengangkatan CPNS menjadi PNS.

Namun akibat pandemi Covid-19, mereka baru diambil sumpah/janji pada 19 Oktober 2020 ini.

"Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS, ayat 39 menyebutkan bahwa setiap calon PNS pada saat diangkat menjadi PNS wajib mengucapkan sumpah/janji menurut agama atau kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa,” jelas Aris.

Aris menyebutkan, sebanyak 172 CPNS yang diambil sumpah/janji tersebut, terdiri dari 165 orang beragama Islam, 5 orang beragama Katholik, 1 orang beragama Kristen, dan 2 orang beragama Hindu.

Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito menegaskan, momen sumpah/janji ini merupakan dimulainya komitmen seorang PNS sebagai abdi negara dan abdi masyarakat yang berdedikasi dan berintegritas.

Baca juga: Wali Kota Magelang: Saya Butuh Pejabat yang Cerdas

"PNS adalah pelayan masyarakat. Ini harus melekat di hati dan dada saudara-saudara semua. Tidak ada hal lain kecuali pengabdian kepada rakyat. Fokuskan pelayanan kepada rakyat, dan orientasikan hanya untuk kepentingan bangsa dan negara," tegas Sigit.

Halaman
12
Penulis: Rendika Ferri K
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved