Breaking News:

Kota Yogya

Pedagang di Kawasan Malioboro Kembali Beraktivitas Normal

Sejumlah areal meliputi dinding maupun pintu pertokoan yang sempat terdampak coretan juga sudah dicat dan diperbaiki ulang.

TRIBUNJOGJA.COM / Hari Susmayanti
Para pedagang di Malioboro sempat mengemasi dagangannya saat terjadi unjuk rasa di depan DPRD DIY, Kamis (8/10/2020) 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Para pedagang yang kerap beraktivitas di kawasan Malioboro mengaku perlahan-lahan aktivitas wisata dan kunjungan para pelancong mulai membaik sepekan setelah demo berujung ricuh dalam agenda menolak UU Cipta Kerja.

Sejumlah areal meliputi dinding maupun pintu pertokoan yang sempat terdampak coretan juga sudah dicat dan diperbaiki ulang.

"Kalau pekan lalu dampaknya lumayan ya, memang cukup terasa. Pedagang juga memutusakan libur dua hari padahal posisi akhir pekan saat itu. Tapi sekarang sudah mulai membaik," kata Ketua Paguyuban Pedagang Lesehan Malioboro, Desio Hartonowati, Sabtu (17/10/2020).

Dia mengungkapkan, pandemi Covid-19 yang belum menunjukkan tren penurunan memang dirasakan sejak awal wabah itu muncul.

Baca juga: Buntut Aksi Tolak Omnibus Law, Perbaikan Infrastruktur Malioboro Capai Rp 200 Juta

Namun, saat pemerintah mulai memberlakukan program normal baru dan sejumlah aktivitas wisata pulih secara perlahan, pedagang di kawasan itu mulai terimbas.

"Memang kami hanya mengharap periode akhir pekan, karena saat itu pengunjung lumayan banyak istilahnya dibandingkan dengan hari normal. Tapi yang insiden kemarin cukup terasa karena kan tepat di akhir pekan, jadi Sabtu dan Minggu-nya kami memang libur, takut ada rentetan dan gejolak lagi," ujarnya.

Paguyuban yang mewadahi puluhan pedagang lesahan di kawasan Malioboro itu di akhir pekan ini juga telah mulai aktif kembali berjualan.

Desio menyatakan, para pengunjung juga mulai beraktivitas normal dan tidak resah maupun cemas pasca-insiden pekan lalu itu, meski sempat timbul kekhawatiran.

"Sudah normal kembali. Untuk trennya akhir pekan ini kami lihat memang sudah ada peningkatan terlihat dari tadi malam sudah agak lumayan ramai," jelasnya.

"Malioboro seandainya tidak terganggu dengan insiden kemarin itu pariwisata Yogya, khususnya Malioboro sedikit demi sedikit akan bangkit kembali," sambung dia.

Halaman
12
Penulis: Yosef Leon Pinsker
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved