Perayaan HUT Ke-69 Kabupaten Kulon Progo Akan Digelar Sederhana

Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-69 Kabupaten Kulon Progo yang jatuh pada Kamis (15/10/2020) akan digelar secara sederhana di tengah pandemi

Tribunjogja/ Sri Cahyani Putri
Jumpa Pers Peringatan HUT ke-69 Kabupaten Kulon Progo di Bale Agung, Kompleks Pemkab Kulon Progo pada Selasa (13/10/2020). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Sri Cahyani Putri Purwaningsih

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-69 Kabupaten Kulon Progo yang jatuh pada Kamis (15/10/2020) akan digelar secara sederhana di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

Pada tahun ini, peringatan HUT ke-69 Kulon Progo mengangkat tema "Kebangkitan Ekonomi Untuk Kulon Progo Maju".

Hal yang mendasari tema tersebut yaitu kehadiran Yogyakarta Internasional Airport (YIA) yang diharapkan dapat memacu pertumbuhan ekonomi masyarakat dan membuka peluang usaha sehingga masyarakat tidak hanya menjadi penonton melainkan bisa ikut berpartisipasi.

Wakil Ketua Panitia HUT Kulon Progo 2020, Jumanto mengatakan pada tahun ini kegiatan yang rutin dilakukan setiap hari kelahiran Kulon Progo seperti pameran pembangunan dan ziarah ke makam mantan Bupati Kulon Progo ditiadakan di masa pandemi.

Baca juga: Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulon Progo : Kesadaran Masyarakat Pakai Masker Cukup Tinggi

Baca juga: Kronologi Kawanan Pemuda di Kulon Progo Pukuli Remaja Hingga Babak Belur, Pelaku Tenggak Miras Dulu

Sebab, jika tetap dilakukan dikhawatirkan dapat menimbulkan kerumunan.

Terlebih anggaran untuk penyelenggaraan kegiatan sudah terpangkas untuk penanganan Covid-19 di Kulon Progo.

Namun demikian untuk tetap memeriahkan hari jadi, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulon Progo menggelar kegiatan lain dengan penerapan protokol kesehatan.

Kegiatan yang dilaksanakan sebelum hari H seperti parade musik religi, talk show budaya dan Festival Gejog Lesung yang disiarkan melalui live streaming akun channel YouTube Dinas Kebudayaan Kabupaten Kulon Progo.

Sementara untuk kegiatan yang akan dilaksanakan yaitu tirakatan pada Rabu (14/10/2020) dilanjutkan perayaan HUT pada Kamis (15/10/2020) di Gedung Kaca, Kompleks Pemkab Kulon Progo.

Baca juga: Inovatif, Petani di Kalasan Memanfaatkan Drone untuk Memberantas Hama

Baca juga: Peta Sebaran Kasus Baru Covid-19 Selasa 13 Oktober 2020 Hari Ini, Berikut Data Rinci di 34 Provinsi

"Pada perayaan ini panitia juga akan menggelar acara donor darah yang bekerjasama dengan PMI Kulon Progo. Selain itu launching empat karya film pendek produksi sekolah film di Kulon Progo pada Jumat (23/10/2020) di Taman Budaya Kulon Progo serta gelar karya batik Kulon Progo pada Sabtu (24/10/2020)," jelasnya saat jumpa pers bersama awak media di Bale Agung, Kompleks Pemkab Kulon Progo, Selasa (13/10/2020).

Sementara untuk acara penutupan dilakukan di Alun-alun Wates dengan menggelar pagelaran wayang kulit pada Selasa (27/10/2020) secara singkat.

Selain itu, juga diumumkan pemenang setiap lomba yang telah digelar diantaranya lomba Kelompok Wanita Tani (KWT) dan Penghargaan Monitoring Kinerja Kapanewon 2020.

Lebih lanjut, Sekretaris Panitia HUT Kulon Progo, Duana Heru Supriyatna mengatakan semua kegiatan yang dilakukan untuk memperingati HUT Kulon Progo digelar sesuai dengan penerapan protokol kesehatan yang sangat ketat.

Seperti melakukan pengecekan suhu tubuh, penyediaan handsanitizer, wajib memakai masker dan pengaturan jarak.

"Perayaan HUT Kulon Progo tahun ini yang digelar secara sederhana diharapkan tidak menghilangkan esensi maknanya sehingga kita jangan sampai kehilangan momennya," ungkapnya. (scp)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved