Breaking News:

ZCC Cycling Community, Kenalkan Pariwisata Yogyakarta Melalui Olahraga Bersepeda

Di samping aktif melakukan aktifitas bersepeda, ZCC juga getol mengkampanyekan penerapan protokol kesehatan di masa pandemi.

dok.istimewa
Kegiatan bakti sosial yang diinisiasi ZCC Cycling Community beberapa waktu lalu 

TRIBUNJOGJA.COM - Salah satu olahraga yang cukup populer selama pandemi yaitu bersepeda.

Selain untuk menjaga kebugaran, bersepeda jadi salah satu aktivitas yang digandrungi masyarakat selama pandemi Covid-19 karena bisa jadi hiburan di luar rumah sembari menghirup napas segar.

Tak heran, jika saat ini bermunculan beragam komunitas bersepeda, satu di antaranya yakni ZCC Cycling Community di Yogyakarta.

Salah satu inisiator ZCC Cycling Community, Yuan Djaziem Djaelani, menjelaskan komunitas ini ingin menyatukan para penggemar roadbike untuk bersama-sama merasakan keasyikan gowes di alam Yogyakarta yang secara tak langsung turut mengenalkan pariwisata kepada publik sepeda.

"Kami ingin rangkul komunitas roadbike di DIY yang selama ini mungkin masih sendiri-sendiri, siapa saja boleh ikut gabung olahraga bareng, sehat bareng menikmati alam indah di Yogyakarta. Niat kami ternyata mendapat sambutan baik dari teman-teman penggemar roadbike,” ujar Yuan Djaziem, Minggu (11/10/2020).

Ditambahkannya, ZCC terdiri dari anggota yang memiliki berbagai latarbelakang mulai pengusaha, dokter, PNS dan berbagai jenis pekerjaan lainnya.

Ini pula yang membuat jejaring ZCC terjalin apik meski baru dibentuk dalam hitungan bulan.

"Beberapa waktu lalu kami ajak gowes bareng Sigi Wimala, kemudian ada teman-teman roadbikers dari Malang yang datang ke Jogja setelah melihat kami gowes di media sosial dengan tetap melakukan protokol kesehatan," ujar Yuan

"Kami termotivasi ingin ikut mengenalkan Yogyakarta pada penggemar bersepeda roadbike di Indonesia sekaligus membangkitkan ekonomi di masa pandemi. Bulan ini dijadwalkan beberapa tamu dari luar kota termasuk artis-artis yang sekarang gemar bersepeda sudah menjadwalkan datang," lanjutnya.

Di samping aktif melakukan aktifitas bersepeda, ZCC juga getol mengkampanyekan penerapan protokol kesehatan di masa pandemi.

Mereka pun rutin membagikan masker dan melakukan bakti sosial pada masyarakat yang ada di rute tujuan bersepeda, seperti yang dilakukan di Dusun Pajangan II Kulonprogo, Sabtu (10/10/2020) kemarin.

Pegiat ZCC lainnya, Ferdi Rossil Bakir, menambahkan komunitasnya ingin turut memperkenalkan pariwisata Yogyakarta pada wisatawan melalui aktivitas bersepeda.

Selain membagikan masker, ditambahkan Ferdi, beberapa waktu lalu ZCC juga melakukan bakti sosial berupa pembagian sembako dan rencananya akan menggelar pemeriksaan gratis ketika nanti pandemi usai.

"Sabtu kemarin kami membagikan 125 paket sembako untuk warga Pajangan II dan kedepan kami juga punya program pemeriksaan gratis untuk warga. Kami ingin mengenalkan potensi luar biasa wisata sepeda di DIY, tapi juga membawa manfaat untuk masyarakat. Kami berharap juga, apa yang kami lakukan ini bisa menjadi pengungkit roda perekonomian," pungkasnya. (*)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved