Breaking News:

Gaspol 52

Binter Merzy, Si Gagah nan Perkasa di Zamannya

Binter Merzy di era awal 1980 hingga akhir 1990 an adalah salah satu roda dua gagah pada jamannya.

Wahyu Setiawan Nugroho
Binter Merzy atau Kawasaki KZ200 keluaran 1980. 

Buat para pemuda yang tumbuh di era awal 1980 hingga akhir 1990 an sudah barang tentu kenal dengan salah satu roda dua gagah ini. Namanya Binter Merzy.

Ya, Binter Merzy memang resmi mengaspal di Indonesia pada 1980. Motor roda dua ini di Indonesia kala itu didistribusikan oleh PT Bintang Terang. Karenanya tak heran banyak yang menyebut motor ini sebagai Binter yang merupakan singkatan dari distributor tersebut.

Sedangkan Merzy merupakan salah satu jenis yang muncul dari sebutan pecinta otomotif kala itu. Hingga kini belum diketahui asal muasal kata Merzy. Namun yang pasti kata ini sudah melekat pada Binter keluaran tahun ini.

Spesialnya dari Binter Merzy ialah, motor ini merupakan motor dengan kubikasi besar di zamannya. Binter Merzy menggendong kubikasi 200cc hanya dengan satu silinder.

Tak heran banyak yang menyebut motor ini sebagai motor bermesin satu silinder namun memiliki cc yang besar. Sehingga lebih bertenaga.

Salah satu penghobi otomotif asal Ngaglik, Sleman, Ari Rheno Prakosa menyebut motor ini menjadi buruan banyak anak muda kala itu lantaran memiliki tampilan gahar dan gagah saat menaikinya.

"Waktu itu (1980-1990an) motor ber-cc yang besar baru motor ini, sehingga banyak anak muda yang merasa gagah kalau punya motor ini," kata Rheno panggilan akrabnya.

Sejatinya, Binter Merzy ini merupakan motor bermesin Kawasaki. Kala itu Binter ini merupakan keluaran Kawasaki berseri KZ200.

Dalam perjalanannya, KZ200 atau Binter Merzy sempat mengalami beberapa upgrade fisik maupun teknologi. Seperti gantinya sistem pengapian dari Platina menjadi CDI hingga perubahan kelir hingga bentuk tangkinya.

"Saat ini Binter Merzy (KZ200) bisa dibilang barang hobi karena semakin langka dan menjadi buruan untuk dikoleksi," Tambah Rheno.

Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: Victor Mahrizal
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved