Breaking News:

Wabah Virus Corona

Ketika Pandemi COVID-19 Mengubah Phuket Thailand Menjadi 'Pulau Hantu' . . .

Penari Phuket hanya duduk bermain dengan ponsel mereka di bar kosong yang berjejer di jalan yang sepi, saat pulau turis Thailand itu ditinggalkan

LILLIAN SUWANRUMPHA / AFP
Foto yang diambil pada 1 Oktober 2020 ini menunjukkan orang-orang mengemudi melewati klub-klub kosong di sepanjang jalan pejalan kaki yang populer di Patong di Phuket, yang telah kekurangan wisatawan karena pembatasan yang sedang berlangsung terkait dengan virus corona baru Covid-19. Saat ini, hampir semua 3.000 hotel di pulau itu ditutup dan kota utama Patong telah menjadi kota hantu, kata taipan lokal Preechawut Keesin, yang memiliki lima klub malam dan sekitar 600 kamar hotel, selama wawancara baru-baru ini. 

Tribunjogja.com -Dunia saat ini masih menghadapi pandemi COVID-19. Sejak pandemi terjadi, ekonomi seluruh dunia terpukul.

Sektor pariwisata ikut terdampak. Lokasi-lokasi wisata di seluruh dunia sunyi, lengang.

Hal ini juga terjadi di Phuket, Thailand, salah satu kawasan tujuan wisata dunia. Sejak pandemi COVID-19 wajah Phuket menjadi seperti pulau hantu.

Salah satu spot wisata di Phuket Thailand sepi saat COVID-19 melanda negara ini.
Salah satu spot wisata di Phuket Thailand sepi saat COVID-19 melanda negara ini. (Bangkok Post/Achadtaya Chuenniran)

Pulau yang semula ramai orang berwisata, kini menjadi lengang. Penari Phuket hanya duduk bermain dengan ponsel mereka di bar kosong yang berjejer di jalan yang sepi, saat pulau turis Thailand itu ditinggalkan akibat pandemi Virus Corona.

Tanpa ada yang tahu pasti kapan pemulihannya segera. Kolam renang kosong, kursi-kursi ditumpuk tinggi di restoran-restoran yang sepi dan pantai yang biasanya penuh sesak begitu sunyi, sehingga mereka bahkan melihat spesies penyu laut langka datang ke sarang.

Tahun lalu, lebih dari 9 juta wisatawan mengunjungi Phuket, destinasi kerajaan paling populer kedua setelah Bangkok.

Melansir AFP pada Jumat (9/10/2020), hampir semua dari 3.000 hotel di pulau Phuket saat ini ditutup dan kota utama Patong telah menjadi " kota hantu", kata taipan lokal Preechawut Keesin, yang memiliki 5 klub malam dan sekitar 600 kamar hotel.

Thailand sejauh ini relatif tidak terdampak parah akibat pandemi global virus corona, dengan sekitar 3.600 kasus yang dikonfirmasi terinfeksi dan hanya memiliki beberapa puluh jumlah kematian.

Trump Mengatakan Terinfeksi COVID-19 Adalah Berkah Dari Tuhan

Namun, keputusan kerajaan untuk berkonsentrasi pada pemberantasan virus corona telah memberikan pukulan berat bagi ekonomi dalam negeri, yang diperkirakan akan menyusut 7-9 persen pada tahun ini dan membuat munculnya jutaan pengangguran.

"Bos saya ingin membantu staf mempertahankan pekerjaan mereka, tapi saya rasa kami tidak bisa bertahan setelah akhir tahun," keluh Jantima Tongsrijern, manajer bar Pum Pui.

Halaman
12
Editor: Rina Eviana
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved