Breaking News:

Malam Selasa Kliwon Ini Cupu Kyai Panjala Dibuka di Girisekar, Apa Kata Ramalan Kyai Panjala?

Tradisi tahunan membuka bungkus cupu Kyai Panjala akan digelar malam ini, Senin Wage (5/10/2020) atau Selasa Kliwon (6/10/2020) di Pedukuhan Mendak

Penulis: Setya Krisna Sumargo | Editor: Ikrob Didik Irawan
Tribun Jogja/ Wisang Seto Pangaribowo
Ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA – Tradisi tahunan membuka bungkus cupu Kyai Panjala akan digelar malam ini, Senin Wage (5/10/2020) atau Selasa Kliwon (6/10/2020) di Pedukuhan Mendak, Girisekar, Panggang, Gunungkidul.

Dalam situasi pandemik virus Corona, upacara akan dilakukan pembatasan dari segi jumlah peserta. Tahun sebelumnya, ritus tahunan berlangsung normal, dihadiri ribuan orang dari berbagai daerah.

"Semua kita jaga supaya patuh dan utamakan protokol kesehatan. Di dalam ruangan kita batasi, pengunjung di luar juga kita seleksi ketat," kata Kepala Desa Girisekar, Sutarpan.

Event kebudayaan Jawa ini telah berlangsung tak henti selama ratusan tahun, turun temurun dan pernah berpindah-pindah lokasi.

Beberapa tahun terakhir acara dipusatkan di rumah Dwijo Sumarto, keturunan ke-7 trah Kyai Panjala.

Cupu Panjolo diklaim sebagai benda pusaka yang berupa tiga buah cupu atau guci berbahan keramik, yang disimpan di dalam kotak kayu berukuran lebar 35 cm, panjang 20 cm, dan tinggi 15 cm.

Ketiga cupu itu paling besar dinamai Semar Tinandu, berikutnya lebih kecil dinamai Kalang Kinantang, dan yang terkecil bernama Kenthiwiri.

Ketiga guci atau cupu yang disimpan dalam kotak kayu yang diperkirakan berusia lebih dari 500 tahun, kemudian dibungkus kain mori tebal.

Kain pembungkus inilah yang dibuka setiap tahun pada malam Selasa Kliwon mongso kapapat (musim ke-4) penanggalan Jawa.

Setiap kali dibuka, di kain-kain mori tersebut kerap terlihat simbol-simbol atau terdapat benda-benda yang ditafsir sebagai penanda kejadian atau peristiwa selama satu tahun ke depan.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved