Breaking News:

Otomotif

Gaspol 52 : Honda Monkey Basic Astrea Prima, Kepincut Desain Mungil

Desain unik motor produksi Honda bernama Honda Monkey rupanya sukses membuat banyak penggemar motor kustom kepincut memodifikasi motornya dengan gaya

dok pri
Honda Monkey basic Honda Prima besutan dua bengkel, Andi Yogyakarta dan Bengkel Pletuk Ndeso Klaten. 

Laporan Reporter Tribun Jogja Yudha Kristiawan

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Desain unik motor produksi Honda bernama Honda Monkey rupanya sukses membuat banyak penggemar motor kustom kepincut memodifikasi motornya dengan gaya motor yang memiliki dimensi mini ini.

Kali ini motor Honda Monkey dibangun dari Honda Astrea Prima produksi tahun 1990 oleh dua bengkel kustom yakni bengkel yang dikelola Andi di Yogyakarta dan bengkel Pletuk Ndeso di daerah Klaten, Jawa Tengah.

Motor yang dominan berwarna oranye ini dirombak habis dan praktis hanya menyisakan mesin dengan kapasitas 100 CC saja. Untuk racikan frame, selebor depan dan belakang, tangki bahan bakar hingga jok dikerjakan oleh bengkel Pletuk Ndeso.

Kostum Honda Monkey Gorila ala Black Smith Yogyakarta

Sementara itu untuk sisanya bagian yang lebih detil dikerjakan oleh Andi. Untuk memenuhi kenyamanan saat dikendarai dan di satu sisi tak melupakan estetika tampilan, Andi menyematkan suspensi depan dengan sistem upside-down dengan segitiga kostum.

Untuk menampilkan kesan kekar pada motor ini, disematkan variasi suspensi depan model upside-down berwarna krom selaras dengan warna oranye yang dipilih sebagai warna dominan bodi motor.

"Shock depan model upside down memberikan volume motor. Tampilan motor menjadi berisi dan nampak gagah. Rata rata modifikasi gaya Honda Monkey menggunakan model ini untuk suspensi depannya," kata Andi.

Lanjut Andi, sedangkan untuk stang, headlamp atau lampu depan bulat, stop lamp C70, lampu sign menggunakan variasi. Lalu untuk ban tapak lebar berikut velg nya juga menggunakan variasi.

Rubrik Otomotif Gaspol 52 - Board Tracker Basic Tiger

Andi menuturkan, Pada dasarnya, acuan utama desain Honda Monkey Gorila, namun ada beberapa part dan bentuk yang menyesuaikan dengan karakter pemilik motor. Kesan mini memang sangat menonjol dalam motor ini karena dimensi motor hampir hanya seperdua dari motor bebek kebanyakan.

Rupanya kesan sporty ingin ditampilkan Andi dalam motor besutannya kali ini. Stang variasi yang cenderung serupa dengan gaya moge. Selain itu, penggunaan knalpot racing menguatkan karakter sporty motor mungil ini.

"Pemilihan warna oranye ingin memberikan kesan segar dan terang pada motor ini. Selain itu warna oranye juga terkesan sporty. Meski mungil motor ini cukup bertenaga untuk dipakai harian," kata Andi.

Simak selengkapnya proses produksi yang dikerjakan Andi dalam Tribun Jogja Edisi Cetak, Minggu 4 Oktober 2020.

(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Yudha Kristiawan
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved