Breaking News:

IoT Karya Universitas Amikom Yogyakarta Juarai IoT Makers Creation 2020

Mahasiswa Universitas Amikom Yogyakarta menciptakan UVC Sterilizer Lantai Masjid yang Aman (Usman).

DOK. Universitas Amikom Yogyakarta
Universitas Amikom Yogyakarta berhasil meraih juara 1 pada kompetisi IoT Makers Creation 2020. 

TRIBUNJOGJA.COM – Ultraviolet C (UVC) Sterilizer Lantai Masjid yang Aman (Usman) karya mahasiswa Universitas Amikom Yogyakarta, berhasil meraih juara 1 pada kompetisi Internet of Things (IoT) Makers Creation 2020.

Dalam kompetisi yang diadakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Asosiasi IoT Indonesia (ASIoTI), serta ekosistem telekomunikasi di Indonesia, Universitas Amikom Yogyakarta menduduki posisi puncak.

Di posisi kedua ada TTG Team dari Mataram dengan karya Smart Gate CN20, dan di peringkat ketiga ada Tasik Inovasi dengan karya Smart Ventilator.

Daftar pemenang tersebut diumumkan dalam Webinar IoT for Resilience in The Face of Pandemics, dari Jakarta, Rabu (30/9/2020).

Sebagai informasi, IoT Makers Creations merupakan kompetisi yang bertujuan mencari talenta-talenta teknologi pencipta solusi IoT.

Pada 2020, IoT Makers Creations mencari inovasi dan solusi IoT yang dapat menyelesaikan masalah atau meningkatkan ketahanan masyarakat dan dunia usaha di tengah pandemi Covid-19.

Usman sendiri menjadi solusi dari masalah kebersihan kondisi lantai masjid. Sebab, Usman dapat menyemprotkan disinfektan sepanjang hari tanpa harus mengosongkan masjid.

Adapun mahasiswa yang menciptakan Usman adalah Elik Hari Muktafin dan Qolbun Salim As Shidiqi dari magister teknik informatika (MTI), Bimo Ari Wibowo S1 TI, serta Muhammad Ainur Rozikin (Alumni S1 TI).

Direktur pascasarjana Universitas Amikom Yogyakarta Kusrini, mengaku sangat bangga atas prestasi yang diraih Tim Usman. Menurutnya, berbekal pengetahuan dan diskusi yang dilakukan di dalam kelas, mereka dapat menunjukkan kepedulian.

“Semoga prestasi yang mereka raih dapat menjadi suntikan motivasi bagi teman-teman mahasiswa yang lain untuk berani berkarya. Mencoba itu harus, juara adalah bonus,” kata Kusrini, seperti dalam keterangan tertulisnya.

Senada dengan Kusrini, Dirjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kemkominfo Ismail juga mengapresiasi berbagai inovasi dan solusi lokal yang dikembangkan dalam IoT Makers Creations 2020.

Ismail berharap, solusi-solusi tersebut dapat mengantisipasi perubahan struktur aktivitas adaptasi kebiasaan baru pada kehidupan ekonomi dan sosial Indonesia.

Sementara itu, Ketua Umum ASIoTi Teguh Prasetya mengatakan, ketiga pemenang telah membuat solusi IoT sesuai kebutuhan masyarakat. Solusi-solusi tersebut pun telah diimplementasikan di lingkungan terdekatnya.

Teguh berharap, komunitas, ASIoTI, dan Kemkominfo mendukung karya para pemenang agar bisa dirasakan masyarakat luas.

Penulis: Inadha Rahma Nidya
Editor: Mikhael Gewati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved